Quincy Hall raih emas di 400 Meter dengan mengejar dari posisi empat

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (Antara) – Quincy Hall tampil impresif dengan kemenangan besar di nomor 400 meter Olimpiade Paris dengan finis pertama di peringkat keempat.

Namun, saat mencapai tikungan terakhir, ia berhasil mengalahkan tiga pemain di depannya dan meraih medali emas.

Hall melintasi garis finis dalam waktu 43,40 detik, waktu tercepat keempat dalam sejarah.

Pelari Amerika itu mengalahkan pelari Inggris Matthew Hudson-Smith hanya dengan selisih 0,04 detik, yang kini menjadi waktu tercepat kelima dalam sejarah. Mazala Samkonga dari Zambia meraih medali perunggu.

“Saya punya komitmen,” kata Hall, menurut ESPN. “Itulah yang membawa saya ke garis finis. Banyak kesakitan dan usaha.”

Hall menjadi orang Amerika pertama yang memenangkan emas di nomor tersebut sejak LaShawn Merritt pada tahun 2008. Kemenangannya terjadi sehari setelah rekan senegaranya Cole Hawker membuat penampilan mengejutkan di nomor 1.500 meter dan menjadi pemenang dari belakang.

Selain itu, Noah Liles juga melakukan comeback yang luar biasa. Kemenangan Hall terjadi sekitar satu jam setelah Liles lolos ke final 200m meski finis kedua di semifinal. Lyles akan berkompetisi di final pada hari Kamis.

Hall yang berusia 26 tahun sepertinya belum berada di awal balapan penuh yang sangat bergantung pada ritme dan sering kali terlalu cepat di awal sehingga bisa menjadi masalah.

Dia berada 5 meter di belakang Hudson-Smith dan juara Olimpiade London 2012 Kerani James, yang berada di sebelah kirinya, saat mereka mendekati tikungan terakhir. Hall mulai mengejar Jeremy Richards untuk mendapatkan perunggu di luar.

Namun, di penghujung balapan, James dan Richards terjatuh kembali. Hall menyilangkan dadanya untuk mengalahkan Hudson-Smith, tetapi Samkonga bangkit dari ketinggalan untuk merebut perunggu.

“Saya baru saja menang. Itu saja,” kata Hall. “Empat tahun dari sekarang, saya dapat mengatakan bahwa saya adalah juara Olimpiade.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours