Soal Koalisi Gemuk Pemerintahan Prabowo, AHY Singgung Jumlah Kementerian

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Demokrat Jenderal Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY mengangkat isu penambahan menteri di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sebab, partai koalisi dinilai terlalu gemuk.

Prabowo-Gibran memang diusung Koalisi Maju Indonesia (KIM) yang beranggotakan Partai Garindra, Golkar, PAN, Demokrat, dan beberapa partai ekstra parlemen, termasuk PBB dan Gelora.

Menurut dia, jumlah pencalonan menteri di pemerintahan baru ditentukan oleh Prabowo-Gibran. Meski demikian, AHY tidak menutup kemungkinan akan menambah jabatan di pemerintahan jika mendukung visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Lalu jumlah (kementerian) yang jelas bagi saya sesuai dengan apa yang dilakukan presiden, kata Agus saat ditemui wartawan, Selasa (6/11/2024).

Selain memprioritaskan kementerian yang membawahi bidang-bidang strategis, AHY menyatakan, kementerian bisa ditambah bahkan bisa digabungkan dua posisi atau lebih sepanjang tindakan itu bisa mencapai visi Presiden yang lebih luas.

“Dan tentunya ada bidang-bidang prioritas yang strategis. Nah, jawaban terbaiknya adalah menambah posisi menteri misalnya,” jelasnya.

“Atau dalam merger atau konsolidasi tertentu atau bentuk apa pun, jelas bahwa jika ingin mencapai visi dan misi presiden terpilih kita yang lebih luas, kita harus mendukungnya.” Dijelaskan.

Partai Demokrat sendiri siap memberikan masukan mengenai program dan kebijakan strategis yang harus dilaksanakan dalam lima tahun ke depan.

Untuk itu, AHY yang juga menjabat Menteri Pertanian dan Kepala Badan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memberikan kewenangan dan ruang kepada Prabowo untuk memutuskan segalanya.

“Jadi sekali lagi posisi dan pendirian kami adalah memberikan kekuasaan dan ruang yang luas kepada presiden terpilih untuk memutuskan semua ini. Dia punya hak prerogatif di saat yang tepat dan kami sangat senang jika diundang. Dialog apa saja dan kadang kita diskusikan,” tutupnya. .

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours