Selain Tersedia Beasiswa, Ini Keunggulan Kuliah di Taiwan

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Taiwan menjadi negara tujuan pelajar Indonesia. Selain banyak universitas ternama, Taiwan juga menawarkan berbagai beasiswa dari pemerintah dan universitas.

Ijoh Dulong, Presiden Ikatan Pelajar Indonesia Taiwan (ICATI), mengatakan banyak universitas di Taiwan yang memiliki reputasi tinggi dan diakui secara internasional.

Baca Juga: Beasiswa LPDP ke China Diperpanjang hingga 1 Agustus 2024, Ini Syaratnya

“Misalnya di bidang akademik sains dan teknologi, kedokteran, teknik, pertanian, dll,” ujarnya saat soft launching Taiwan Higher Education Fair 2024 (THEFI 2024), dalam keterangan resmi, Jumat (26/7). /2024).

Selain itu, meskipun biaya belajar dan tinggal di Taiwan lebih rendah dibandingkan di banyak negara lain, Taiwan menawarkan beragam beasiswa dan beasiswa untuk pelajar asing.

“Guru-guru di sekolah Indonesia juga dapat memanfaatkan kesempatan akademik yang ditawarkan universitas Taiwan untuk meningkatkan diri dengan mempelajari program magister dan doktoral di Taiwan,” lanjutnya.

Dijelaskannya, ICATI sebagai organisasi non-kebudayaan yang telah berdiri selama 56 tahun, akan terus mendukung pemerintah dalam partisipasi pendidikan nasional dan menekankan kerja sama pendidikan dan kebudayaan kedua negara.

“ICATI dan mitra kerja membantu menghubungkan perguruan tinggi Indonesia dan Taiwan, memastikan mahasiswa Indonesia menerima beasiswa, mendukung perkumpulan mahasiswa Indonesia di Taiwan, dan lain-lain,” tambahnya.

Sementara itu, Presiden ICATI Jakarta Simon Hu mengatakan kualitas pendidikan tinggi di Taiwan telah diakui secara internasional. Selain itu, biaya hidup juga murah, bahkan lebih murah dibandingkan biaya hidup di Jakarta.

Simon menambahkan, lingkungan universitas dan lingkungan belajar di Taiwan sangat membantu seluruh mahasiswa untuk fokus studi dan lulus tepat waktu.

“Beberapa sistem pengajaran di Taiwan menggunakan bahasa Mandarin dan ada pula yang menggunakan bahasa Inggris, tergantung kurikulumnya,” tambah Simon.

Menariknya, jelas Simon, mahasiswa bisa langsung bekerja setelah lulus universitas karena banyak peluang kerja di Taiwan.

Baca Juga: 5 Beasiswa S1-S3 Gratis di Luar Negeri Tanpa Surat Rekomendasi, Siap Mendaftar?

Tingkat keamanan di Taiwan juga secara umum sangat baik. Transportasi juga terhubung dengan baik, ujarnya.

Direktur Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei di Indonesia (TETO) Grace Ou mencatat, pemerintah Taiwan menyalurkan beasiswa bagi sarjana untuk studi doktoral dan belajar bahasa Mandarin.

Untuk biaya sekolah, tambahnya, biayanya sekitar NT$40,000 dan biaya hidup sebesar NT$15,000 akan dibayarkan per bulan. Sedangkan pada jenjang Master, biaya hidup sebesar 20.000 Dolar Taiwan per bulan.

Kemudian, untuk pelajaran bahasa Mandarin, Anda akan menerima pembayaran sebesar 25.000 Dolar Taiwan per bulan. Selain beasiswa dari pemerintah Taiwan, terdapat juga beasiswa dengan nilai yang berbeda-beda dari masing-masing perguruan tinggi.

Dijelaskannya, penerima beasiswa pemerintah Taiwan tidak perlu melampirkan laporan keuangan atau dokumen yang menunjukkan bahwa calon mahasiswa memiliki sumber keuangan yang cukup untuk membiayai studi dan kehidupan sehari-hari di Taiwan saat mengajukan visa pelajar.

Sementara itu, Ketua Panitia THEFI 2024 Sudjadi Mulia mengatakan 58 universitas Taiwan dan UECFOCS akan mengikuti THEFI 2024 yang akan digelar pada 3 Agustus di Jakarta, 4 Agustus di Bandung, dan 6 Agustus di Tanah Air. Pontianak, Agustus. 8 di Surabaya, 10-11 Agustus di Medan.

Pameran pendidikan Taiwan ini akan dibuka untuk umum secara gratis. “ICATI juga menyediakan booth khusus untuk memberikan layanan gratis informasi dan nasehat dalam belajar, bekerja dan tinggal di Taiwan,” ujarnya.

“THEFI 2024 bertujuan untuk meningkatkan pertukaran program studi antara universitas dan perguruan tinggi Indonesia dengan universitas Taiwan,” imbuhnya.

“ICATI berusaha untuk mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak beasiswa bagi pelajar Indonesia, tidak hanya dari universitas di Taiwan, tetapi juga dari instansi pemerintah di Taiwan. Selain itu, ICATI juga menghimpun dana dari pelajar dan memberikan beasiswa bagi pelajar dari lingkungan ekonomi sulit. katanya

Beasiswa ICATI akan diberikan kepada 15 mahasiswa yang disponsori oleh lulusan ICATI dan 5 mahasiswa akan menerima beasiswa yang bekerjasama dengan mitra universitas ICATI. Beasiswa ini untuk masa studi 4 tahun.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours