Razali bawa karikatur Jokowi ke pembukaan PON, berharap ditandatangani

Estimated read time 3 min read

Banda Aceh (Antara) – Banda Aceh Razali Rajab (53), warga PD Jaya, Meyurudu, melukis karikatur Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengikuti Pekan Olahraga Nasional Aceh-Sumut ke-21. PON). ) 2024 akan ditandatangani oleh orang nomor satu Indonesia di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya, Senin.

Pria lanjut usia dengan dua orang anak ini mengaku terkesan dengan Presiden Jokowi, terutama atas kiprahnya untuk wilayah Aceh selama dua periode kepemimpinannya.

“Saya datang ke sini untuk meminta Jokowi menandatangani karikatur saya,” kata Razali kepada wartawan sambil memamerkan karikatur yang dibuatnya di depan gerbang utama Stadion Harapan Bangsa, Senin.

Razali mengaku menunggu Jokowi di Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, namun tidak bertemu dengan pria yang dikaguminya.

Saya bahkan sempat berkendara ke bandara dan saya menunggu di gerbang kedatangan lain dan dia (Jokowi) sudah sampai di rumah, jadi saya tidak melihatnya, kata Razali.

Meski tak mendapat tiket masuk ke ruang start, Razali sudah berada di gerbang utama Stadion Harapan Bangsa dengan harapan bisa bertemu Jokowi.

“Saya belum mendapatkan tiket masuk, jadi saya tunggu di sini. Semoga bisa segera bertemu,” kata Razali.

Kartun tersebut memperlihatkan Jokowi memberikan keterangan pers. Dua mikrofon dan satu kamera ditempatkan di depan Jokowi.

Lalu di atas karikaturnya tertulis ‘Jokowi: kenapa media asing pasang wajah seperti itu ke gubernur?’ Dan di bawah tulisan itu ada tulisan lain yang bertuliskan ‘di depan Balai Kota Jakarta, Rabu, 29-1-2014’.

Razali pun mengaku putri pertamanya, Lira Athalia turut membantu melukis karikatur tersebut.

“Anak pertama saya juga mewarnai. Kami sekeluarga adalah penggemar Jokowi,” lanjut Razali.

Jika Razali berhasil mendapatkan tanda tangan Jokowi pada karikaturnya, Razali berencana menjualnya dan hasilnya akan disumbangkan kepada korban kejahatan terhadap kemanusiaan di Palestina.

Nanti kalau berhasil saya mau jual. Uangnya diberikan ke Palestina, ke anak-anak korban perang, kata Razali.

Selepas pukul 17.00, Razali setia menunggu Jokowi di depan gerbang utama Stadion Harapan Bangsa, berharap Jokowi berhenti di depannya, membuka kaca mobil, dan mematikan karikatur yang dibubuhi tanda tangannya.

“Iya kita tunggu saja. Mudah-mudahan bisa bertemu,” imbuh Razali.

PON 2024 merupakan kali pertama pentas olahraga nasional multievent digelar di dua provinsi, yakni Aceh dan Sumatera Utara.

Sebanyak 65 cabang olahraga, 87 disiplin ilmu, dan 1.042 nomor pertandingan yang digelar di 20 kabupaten/kota di Aceh dan Sumut, menjadi ajang untuk menunjukkan hasil pengembangan prestasi olahraga di daerah.

Empat Daerah Otonomi Baru (DOB) yakni Papua Barat Daya, Papua Dataran Tinggi, Papua Tengah, dan Papua Selatan debut di PON yang turut diikuti kontingen Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN).

Setidaknya 13.000 atlet bersaing untuk menjadi yang terbaik hingga upacara penutupan Pesta Olahraga Nasional pada 20 September 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours