Presiden Georgia akan banding undang-undang agen asing ke pengadilan

Estimated read time 2 min read

Presiden Georgia Salome Zourabichvili akan mengajukan banding atas undang-undang agen asing yang kontroversial ke Mahkamah Konstitusi pada hari Senin, lapor media Georgia.

Presiden membantah undang-undang tersebut, yang menurutnya anti-nasional dan melanggar konstitusi negara, lapor TV Pirveli.

Zourabichvili diwakili di pengadilan oleh anggota parlemen Georgia Eka Beselia.

Tujuan dari seruan ini adalah untuk menunda peraturan sampai Mahkamah Konstitusi mengambil keputusan mengenai perselisihan ini, kata Beselia kepada penyiar.

Zourabichvili meminta pengadilan untuk mencari tahu apakah undang-undang tersebut mematuhi Pasal 78 Konstitusi Georgia, yang mewajibkan semua lembaga konstitusi untuk memastikan integrasi penuh Georgia ke dalam NATO dan Uni Eropa.

Anggota parlemen oposisi di Georgia ingin menindaklanjuti hal ini dengan mengajukan banding mereka sendiri, kata Tamara Korjaja, anggota kelompok oposisi baru Vienotība, kepada wartawan.

“Saya menghadiri pertemuan dengan Presiden Georgia, di mana kami membahas gugatan tersebut. Dalam pertemuan tersebut, saya menyampaikan posisi legislator bahwa kami pasti akan mengajukan gugatan. Hampir siap dan akan kami serahkan ke Mahkamah Konstitusi pada pukul 16.00 WIB. akhir bulan ini,” kata Kordzaia.

Pada awal Mei, parlemen Georgia mengesahkan undang-undang tentang agen asing meskipun ada protes dari Barat.

Undang-undang tersebut mewajibkan organisasi nirlaba yang menerima lebih dari 20 persen pendanaannya dari luar negeri untuk mendaftar dan menyerahkan laporannya dalam waktu dua bulan.

Menanggapi pengesahan undang-undang tersebut, Amerika Serikat menjatuhkan sanksi terhadap beberapa pejabat Georgia.

Sementara itu, Uni Eropa menangguhkan integrasi Georgia ke dalam blok beranggotakan 27 negara tersebut dan membekukan bantuan militer senilai 30 juta euro (sekitar 517,79 miliar rubel).

Sumber: Sputnik-OANA

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours