Sandiaga Uno Beberkan Alasan Desa Wisata Wringinanom Malang Masuk 50 Besar ADWI 2024

Estimated read time 2 min read

MALANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Wringinanom di Kabupaten Malang. Desa Wringinanom masuk dalam 50 besar Indonesia Tourism Village Awards (ADWI) 2024 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Di desa wisata Wringinanom yang termasuk dalam kawasan wisata Gunung Bromo, Sandiaga disambut dengan tarian beskalan dan kesenian tradisional bullan yang merupakan kesenian tradisional asal Malang.

Tak hanya itu, Desa Wisata Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Sandiaga juga menanam pohon jeruk di Wisata Banyu Maro, objek wisata jeruk Desa Wringinanom. Sandiaga juga diajak mengunjungi desa-desa di kawasan Gunung Bromo.

“Saya diberi kesempatan melihat pohon jeruk dan berkesempatan melihat produk UKM selada air yang luar biasa. Kelebihan desa wisata ini adalah fasilitasnya dan juga digitalisasinya. Saya tidak akan pernah lupa bahwa itu mendorong saya pemandu perempuan, artinya kesetaraan gender itu luar biasa,” kata Sandiaga Uno saat berkunjung ke Desa Wringinanom, Sabtu (27/07/2024) sore.

Sandiaga menjelaskan, ada lima kriteria yang masuk dalam evaluasi ADWI tahun 2024 yang menempatkan Desa Wringinanom masuk dalam 50 besar nasional. Pertama, dari sisi pariwisata, terdapat produk wisata dan ekonomi kreatif, sarana penyediaan prasarana wisata di desa wisata, serta kemampuan penunjang desa wisata.

Ketiga, kelembagaan dan sumber daya manusia, inovasi dan ketahanan digital, kata yang pernah menjabat Wakil Ketua DKI Jakarta itu.

Sandiaga mengatakan Desa Wringinanom memiliki potensi yang besar sehingga wajar jika akhirnya masuk 50 besar ADWI 2024. Hal ini menjadikannya salah satu dari 9 desa wisata sumbangan Kabupaten Malang.

Alhamdulillah Kabupaten Malang penyumbang terbesar kedua di Indonesia sebanyak 9 desa wisata. Jadi yang terpilih masuk 50 besar se-Indonesia dari 6.016 desa wisata dari Sabang sampai Merauke, pungkas Sandiaga.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours