Jokowi Kenakan Pakaian Adat Kaltim di HUT ke-79 RI, Prabowo dan Gibran Pakai Baju Daerah Mana?

Estimated read time 4 min read

JAKARTA – Pakaian adat menjadi syarat wajib dalam upacara pengibaran bendera Hari Kemerdekaan Indonesia. Berikut pakaian adat yang dikenakan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin, serta Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Prabowo Subianto dalam Busana Adat Betawi Ujung Serong untuk IKN RI ke-79

Perayaan HUT RI ke-79 tahun ini terasa istimewa karena terdiri dari dua bagian. Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia di ibu kota Indonesia bersama para menteri termasuk Prabowo Subianto yang akan dilantik sebagai Presiden RI ke-8 pada Oktober 2024.

Baca juga: Jokowi dan Ibu Negara Akan Mengenakan Baju Adat Kustin Kaltim pada Upacara 17 Agustus 2024

Sementara itu, Wakil Presiden Maruf Amin akan memimpin upacara pengibaran bendera di Istana Negara Jakarta dalam rangka HUT ke-79 Republik Indonesia tahun ini. Maruf Amin didampingi Gibran Rakabuming yang tercatat dalam sejarah sebagai wakil presiden termuda jika terpilih.

Baca Juga: Kenakan Baju Badui, Upacara Kemerdekaan Mendikbud di SMAN 1 Rangkasbitung

Empat orang di antaranya mengenakan pakaian adat daerah berbeda di Indonesia saat mengikuti upacara bendera yang digelar di IKN dan Istana Negara Jakarta dalam rangka HUT RI ke-79.

1. Pakaian Adat Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka HUT RI ke-79

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan pakaian adat Kalimantan Timur, Kustin peninggalan Kesultanan Kutai, saat Upacara HUT ke-79 RI yang digelar di IKN. Jokowi tampil gagah dan Iriana tampil anggun dan cantik dalam balutan busana adat tersebut.

Baju adat Kustin ini sebagian besar berwarna hitam dan terbuat dari bahan beludru atau linen. Kerah dan lengannya ada sulaman emas.

Iriana dan Jokowi juga mengenakan kain batik berwarna coklat yang semakin menambah manis penampilan mereka. Ternyata unsur emasnya sangat mirip dan cocok untuk keduanya.

2. Pakaian Adat Maruf Amin yang dipersembahkan dalam rangka HUT RI ke-79

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan istrinya Wuri Ma’ruf Amin menghadiri Upacara Bendera HUT RI di Istana Negara Jakarta. Keduanya mengenakan pakaian adat asal Pontianak, Kalimantan Barat.

Maruf Amin mengenakan gaun Teluk Belanga dengan kombinasi warna oranye dan kuning keemasan yang berani. Sedangkan Woori tampil sangat modis dalam balutan gaun oranye yang serasi dengan penampilan wakil presiden.

Baca juga: Gibran dan Jan Ethes Pakai Baju Adat Papua, Ma’ruf Amin Melayu Pontianak

Vuri mengenakan hijab berwarna oranye senada. Wury juga memadukan kain bermotif insang dengan perpaduan warna merah dan oranye. Ma’ruf Amin pun mengenakan kain ini yang dililitkan di pinggang dan perutnya.

Pakaian adat Pontianak yang dikenakan Ma’ruf Amin dan Woori memiliki makna yang mendalam. Warna kuning keemasan melambangkan kemuliaan, kemakmuran dan kebesaran. Sedangkan pola insangnya terinspirasi dari masyarakat Pontianak yang tinggal di sepanjang Sungai Capuas.

3. Kostum Nasional Prabowo Subianto dalam rangka HUT RI ke-79

Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto tampil simpel namun anggun dalam balutan pakaian adat Betawi pada perayaan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

Prabowo mengenakan pakaian adat bangsawan Betawi, Ujung Serong, dengan atasan dan bawahan berpenampilan hitam dengan hiasan kain batik dan hiasan cakar harimau di saku jaket.

Prabowo mengisinya dengan kopi blangkon Betawi. Kain batik berwarna coklat yang diikatkan di pinggang juga terlihat lebih panjang dan menjuntai, sedangkan kain batik milik Jokowi terlihat sedikit lebih tinggi pada tampilan kemarin.

4. Pakaian Adat Gibran Rakabuming HUT RI ke 79

Gibran Rakabuming Raka, Wakil Presiden RI terpilih 2024-2029, bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin turut serta dalam perayaan Hari Kemerdekaan RI di Istana Negara Jakarta.

Gibran dan putranya Ian Ethes mengenakan pakaian adat Papua saat upacara bendera pada 17 Agustus. Keduanya mengenakan pakaian adat Papua dengan aksesoris kepala berumbai.

Gibran dan Jan Ethes mengenakan jubah berwarna coklat yang dihiasi kalung berwarna gading. Ada pula kombinasi kain berwarna coklat dengan motif garis-garis yang turut menghiasi busana Gibran.

Gibran dan Jan Ethes juga mengenakan aksesoris kepala berumbai untuk menyampaikan budaya Papua yang lebih kental. Hiasan kepalanya menyerupai mahkota dan biasanya terbuat dari bulu kasuari.

Rumbainya juga mencerminkan busana tradisional khas Papua yang kuat. Tak berhenti sampai disitu, ayah dan anak tersebut juga membawa tombak Papua yang semakin menambah nuansa Papua.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours