Anggar – Riau cetak emas lewat floret individu putri pada PON XXI

Estimated read time 2 min read

Banda Aceh (ANTARA) – Atlet anggar Ayu Pani berhasil meraih medali emas Provinsi Riau pada nomor foil individu putri Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh-Sumatera Utara (PON) 2024 yang digelar di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh , Rabu malam.

Kemenangan diraih Ayu atas lawannya Mery Ananda asal Kalimantan Barat. Sejak awal pertandingan final, Ayu selalu mencatatkan skor lebih baik dari Mery hingga mencapai skor akhir 15-12.

“Saya sangat bangga pada diri sendiri karena mampu meraih medali emas di kompetisi individu (jumlah foil),” kata Ayu saat disambut wartawan usai pertandingan.

Sebelumnya, pada PON XX Papua, Ayu menghadiahkan medali emas pada nomor beregu putri. Ia akan kembali bertanding di nomor beregu putri pada PON XXI yang berlangsung pada Sabtu (14/9).

Pada PON XX Papua, Riau menjadi juara umum anggar dengan perolehan medali terbanyak, termasuk 5 medali emas. Ayu berharap Riau bisa kembali meraih kemenangan di PON kali ini, khususnya di nomor putri.

“Saya berharap bisa kembali meraih medali emas untuk tim (tim foil putri) bersama teman-teman, Insya Allah,” kata Ayu.

Sementara Mery meraih perunggu pada nomor individu putri PON XX Papua. Pada PON XX Aceh-Sumut, Mery naik satu level berkat raihan medali perak.

Dewi Supriyati dari Jawa Barat dan Norhayati dari Riau meraih medali perunggu all-around di nomor individu. Di babak semifinal, Dewi terluka saat berkelahi dengan Aya. Kontingen Jabar mencetak skor akhir 8 berbanding lawannya Ayu yang mencetak 14.

Sementara itu, Norhayati juga mengalami cedera pada pertengahan laga melawan Mery. Di babak semifinal, Norhayati mencatatkan skor akhir 9, sedangkan Mery memimpin dengan skor 15.

Pada hari Rabu, pertandingan musang individu putra juga berlangsung di lokasi yang sama. Pada kompetisi ini medali emas diraih pemain anggar Aceh Indra Agus Setiawan dan medali perak diraih pemain anggar Jawa Tengah Muhammad Angga Maulana.

Muhammad Zuhdi dari Riau dan Saidinanda Mulkan dari Aceh sama-sama meraih medali perunggu di nomor pedang individu.

Anggar pada PON XXI meliputi 12 pertandingan putra dan putri. Nomor kategori putra antara lain saber individu, foil individu, degen individu, saber beregu, foil beregu, dan degen beregu.

Selain itu, nomor kategori putri meliputi saber individu, foil individu, degen individu, saber tim, foil tim, dan degen tim.

Sebanyak 26 kontingen provinsi mengikuti cabang olahraga anggar di PON XXI. Pertandingan olahraga ini akan digelar pada tanggal 11 hingga 16 September 2024.

Pada Kamis (9/12) akan diadakan perlombaan degen perorangan putra dan degen perorangan putri. Selain itu, akan ada degen putra dan putri pada Jumat (13/9).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours