4 Tips Persiapan Wawancara bagi Mahasiswa, Pelajari untuk Perbesar Lolos

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Berikut 4 tips mempersiapkan wawancara kerja mahasiswa. Mahasiswa sebaiknya mengikuti program magang karena dapat meningkatkan soft skill yang penting ketika memasuki dunia kerja nantinya.

Salah satu tahapan penting dalam magang adalah wawancara. Pada artikel kali ini kita akan membahas 4 tips mempersiapkan mahasiswa menghadapi wawancara kerja, simak yuk!

4 tips mempersiapkan siswa untuk wawancara magang

Di akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek) kami berbagi tips mempersiapkan wawancara kerja.

1. Baca profil perusahaan

Cara mencari informasi mengenai sejarah, visi, misi dan budaya kerja perusahaan yang Anda lamar.

2. Biasakan diri Anda dengan posisi dan deskripsi pekerjaan yang Anda lamar

Carilah informasi lebih detail mengenai posisi dan deskripsi pekerjaan yang Anda lamar untuk menjawab pertanyaan terkait hal tersebut.

3. Lakukan wawancara

Lakukan wawancara tiruan dengan teman, keluarga, atau mentor. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi Anda sehingga membuat Anda lebih siap menghadapi wawancara kerja nantinya.

4. Siapkan pertanyaan untuk pewawancara

Jika Anda mempunyai kesempatan untuk bertanya, jangan ragu untuk menanyakannya. Anda dapat mempersiapkan pertanyaan terkait jabatan dan wilayah kerja di perusahaan.

Memahami magang

Magang adalah program studi dan praktik yang melibatkan bekerja selama jangka waktu tertentu secara langsung di suatu perusahaan. Perusahaan yang menerima pekerja magang berhak mendapatkan komisi magang dan wajib memberikan bimbingan dalam program tersebut. Kemudian di akhir program, mahasiswa akan mendapat evaluasi dari perusahaan, terutama dari atasan langsungnya.

Pada umumnya magang dilakukan oleh siswa sekolah kejuruan dan mahasiswa pasca sarjana. Di beberapa bidang studi, magang dapat dianggap sebagai salah satu mata kuliah wajib, yang nantinya akan mempengaruhi nilai. Namun ada juga program studi yang tidak mengharuskan mahasiswanya menyelesaikan magang.

Tujuan magang bagi mahasiswa 1. Implementasi ilmu di tempat kerja

Pada beberapa bidang studi, ilmu teoritis yang diperoleh di kampus terkadang tidak cukup. Oleh karena itu, Anda tetap perlu belajar menerapkan ilmu tersebut dalam kegiatan profesional yang nyata dan bermanfaat. Dengan adanya program magang, Anda akan lebih mudah memperoleh keterampilan yang berguna nantinya di dunia kerja.

2. Tingkatkan hard skill Anda

Saat Anda memulai magang, Anda akan mendapatkan banyak keterampilan dan pengetahuan. Selain Anda peroleh saat latihan, Anda juga akan berlatih langsung di bawah pengawasan ahlinya. Dapat dikatakan bahwa program ini merupakan cara yang efektif untuk mengembangkan keterampilan atau kemampuan.

3. Pelajari berbagai soft skill

Selain mempelajari hard skill, Anda juga akan mempelajari berbagai soft skill secara langsung dan efektif. Selama magang, soft skill seperti komunikasi, negosiasi dan manajemen waktu pasti akan ditingkatkan.

4. Lebih mudah beradaptasi dengan dunia kerja

Ritme dunia kerja sangat berbeda dengan ritme sekolah dan universitas. Oleh karena itu, banyak lulusan baru yang kesulitan beradaptasi saat pertama kali memasuki dunia kerja. Program magang akan memungkinkan Anda beradaptasi dengan nyaman dan perlahan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours