Korfball – Aceh kunci emas perdana PON XXI nomor K4-2 di Sabang

Estimated read time 2 min read

BANDA ACEH (ANTARA) – Debut tim lokal Aceh cabang olahraga corbal pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 tampil impresif dengan meraih medali emas pada nomor K4-2 atau empat. – Cocokkan empat dengan dua kutub.

Anak-anak binaan pelatih korfball asal Aceh Khalif Akbar itu berhasil mengalahkan Jawa Barat 9-6 pada final di Lapangan GOR Merah Putih, Sabang, Aceh, Rabu (11/9) malam.

Alhamdulillah, berkat usaha dan jerih payah anak-anak yang pantang menyerah, kami bisa meraih emas nomor K4-2, kata Khalif saat dihubungi Banda Aceh, Kamis.

Corbal Aceh sudah sangat yakin dengan angka tersebut sejak awal turnamen. Tim debutan mempertahankan rekor tak terkalahkan dari babak penyisihan hingga final dan berhasil meraih medali emas dalam hitungan tersebut.

Pada laga semifinal, Aceh mengalahkan DKI Jakarta 9-7. Sementara itu, dengan hasil yang sama yakni 9-7, Jawa Barat juga menang melawan Jawa Tengah saat itu.

Khalif Akbar menjelaskan, tim debutan Tanah Rencong ini belum memasang target muluk untuk meraih medali apalagi emas, sebelum kompetisi Korpal dimulai di PON XXI.

Hal itu sekadar memberikan pesan kepada para pemain untuk fokus, menghindari terlalu banyak kesalahan, mencetak poin dan memberikan performa lebih baik untuk mencapai hasil yang lebih baik, kata Khalif.

“Final tadi malam berlangsung ketat dan meriah antara kedua tim. Alhamdulillah, kesalahan kecil yang dilakukan tim Jabar bisa kita manfaatkan untuk memaafkan peluang ini semaksimal mungkin, ujarnya.

Setelah K4-2, masih ada dua nomor turnamen korfball di PON XXI, yakni K8 atau delapan lawan delapan dan K4-1 atau empat lawan empat tiang.

“Kami masih akan mencoba mencari tahu apa yang terbaik untuk dua nomor berikutnya,” kata Califf.

Sementara itu, Technical Representative Korfball PON XXI, Adelaida Koraag mengatakan, final medali emas dan final medali perunggu bernomor K4-2 berlangsung tanpa hambatan. Tidak ada perlawanan dari empat tim yang masuk ke babak semifinal.

Hasil akhirnya Aceh meraih juara pertama, Jawa Barat juara kedua, dan DKI Jakarta juara ketiga korps tiang ganda nomor 4, kata Adel.

Pada PON XXI, 10 provinsi antara lain Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta DIY, Aceh, Bali, DKI Jakarta, Lampung, dan Sumatera Barat mengirimkan wakilnya ke Korpal Games.

Turnamen Korfball menggunakan format semi round dimana semua tim bertemu untuk bertanding di babak penyisihan nomor K8, K4-1 dan K4-2.

“Hari ini kita lanjutkan pertandingan babak penyisihan untuk corbal, 4 dan satu pole”, ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours