Tiga capaian transformasi digital Menkominfo selama setahun menjabat

Estimated read time 2 min read

Kabupaten Tangerang (ANTARA) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan, selama lebih dari setahun menjabat Direktur Kementerian Komunikasi dan Informatika, ia telah menorehkan tiga prestasi penting dalam mencapai transformasi digital di Indonesia.

“Pekerjaan pertama yang selesai terkait pembangunan BTS (base station). Kami sudah menyelesaikan sekitar 5.000 BTS yang sempat dihentikan kemarin hingga akhir tahun lalu,” kata Budi di kawasan Tangerang, Selasa.

Pembukaan BTS pada akhir tahun 2023 dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo, sekaligus peresmian Satelit Indonesia-1 (SATRIA-1).

Kedua infrastruktur digital ini diciptakan sebagai bagian dari penyelarasan koneksi yang menjadi salah satu landasan transformasi digital nasional dalam Roadmap Indonesia Digital 2021-2024.

Prestasi lain yang diungkapkan Menkominfo yang memberikan dampak signifikan terhadap transformasi digital Indonesia adalah terkait penanganan perjudian online.

“Banyak kemajuan dalam pengaturan dan pencegahan perjudian online, kami telah menurunkan (tingkat perjudian online) hampir 50 persen.

Data Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan antara 17 Juli 2023 hingga 11 September 2024, Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir akses terhadap 3.277.834 unit konten perjudian online.

Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga merekomendasikan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk menutup 573 rekening e-wallet dan 7.499 rekening bank untuk menutup rekening keuangan terkait perjudian online.

Menurut Budi, pengamanan tersebut turut berperan dalam menurunkan tingkat perjudian online, terbukti dari hasil Pusat Pelaporan Analisis Keuangan (PPATK) pada Juli 2024 yang menunjukkan jumlah simpanan di situs perjudian online meningkat. Rp34,49 triliun dari sebelumnya sekitar Rp70 triliun.

Terakhir, dengan sisa masa jabatannya yang tinggal sebulan lagi sebagai Direktur Kementerian Komunikasi dan Informatika, Budi mengatakan pihaknya terus fokus memperkuat dan membangun ekosistem digital.

“Seiring kita terus memperkuat dan membangun ekosistem digital, misalnya dengan membangun pusat data nasional, hal ini penting karena mengatur bagaimana ekosistem digital bergerak. Di saat yang sama, digitalisasi juga penting,” pungkas Budi.

Sebagai bagian dari penciptaan ekosistem digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengeluarkan beberapa peraturan yang memperhatikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, antara lain peninjauan UU ITE, penerbitan buletin etika kecerdasan buatan, dan presiden. Manajemen dalam mendukung jurnalisme yang berkualitas.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours