PLN Indonesia Power gandeng Arab Saudi bangun PLTS Terapung Saguling

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – PT PLN Indonesia Power (PLN IP) bekerja sama dengan perusahaan Arab Saudi membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung di perairan Waduk Saguling berkapasitas 60 MW.

Direktur PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan, pihaknya terus mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) di Tanah Air.

“Pembangunan PLTS terapung di Waduk Saguling dikelola oleh PT Indo ACWA Energy Saguling, perusahaan patungan antara PLN Indonesia Power dan ACWA Power, perusahaan Arab Saudi yang bergerak dalam pengembangan pembangkit listrik berbasis EBT,” ujarnya. Pernyataannya di Jakarta, Minggu.

Pembangunan pembangkit listrik tersebut diawali dengan penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) atau Power Purchase Agreement (PPA) oleh Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dan CEO PT Indo ACWA Bahan Saguling. , Rudolph Rinaldo Aritonang.

“PPA ini semakin menekankan pentingnya PLN Indonesia Power dalam mendorong transisi energi tanah air,” kata Edwin.

Dengan perkiraan pembangkit listrik tersebut akan beroperasi pada tanggal operasi komersial (COD) Juni 2026, Edwin mengatakan proses pengembangan lebih dulu dari pembiayaan dan kelanjutan konstruksi.

Menurutnya, pembangunan PLTS Terapung Saguling merupakan upaya PLN Indonesia Power dalam mempercepat transisi energi dan mendukung tujuan pemerintah mencapai Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 dengan melanjutkan pengembangan berbagai pembangkit EBT.

Inisiatif korporasi ini merupakan salah satu dari sekian banyak upaya IP PLN untuk mengurangi laju perubahan iklim dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

“Ini masalah global, perlu solusi dan kerja sama antar negara, makanya kita lakukan. Selain itu, berkembangnya perusahaan EBT ini menjadi peluang investasi, dan tentunya mempererat hubungan kedua negara. dan Arab Saudi,” imbuhnya Edwin.

Sementara itu, Salman M Barre, EVP South and South-East Asia ACWA Power Company, mengucapkan terima kasih kepada PLN Indonesia Power atas komitmennya berinvestasi dalam mendorong pengembangan EBT khususnya PLTS.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PLN Indonesia Power yang telah membuka kesempatan kerja sama ini dengan sangat profesional dan transparan,” ujarnya.

Salman mengatakan, investasi pada proyek ini merupakan langkah awal ACWA Power Company untuk berinvestasi di Indonesia dan bersedia berinvestasi lebih banyak di negara ini untuk pengembangan energi berbasis EBT.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours