Sulbar membahas peningkatan infrastruktur pelabuhan dukung IKN

Estimated read time 2 min read

Mamuju (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) membahas upaya perbaikan infrastruktur transportasi untuk mendukung ibu kota negara Indonesia (IKN) di Pulau Kalimantan.

Pj Gubernur Sulbar Bakhtiar Baharuddin mengatakan di Mamuju, Sabtu (10/8), Sulbar harus mendukung kawasan penyangga IKN dan meningkatkan sarana prasarana transportasi Sulbar.

Ia mengatakan, Pemprov Sulbar menggelar rapat koordinasi dengan pejabat pemerintah yang bertanggung jawab di bidang transportasi darat dan laut seperti pelabuhan, terminal, dan bandara.

Menurut dia, pengelola angkutan yang menggelar rapat koordinasi tersebut antara lain adalah pengawas kapal penyeberangan ASDP Indonesia yang beroperasi di Pelabuhan Simboro Mamuju.

Kemudian perwakilan UPP Kelas III Pelabuhan Belang-Belang Mamuju, Pelabuhan Tanjung Silopo, Kabupaten Polman serta Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas III Sulawesi Barat.

Ia mengatakan, seluruh sarana dan prasarana transportasi harus ditingkatkan agar Sulbar bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai daerah penyangga IKN.

“Terminal Pelabuhan dan Bandara Sulawesi Barat disediakan sebagai program strategis nasional dengan fasilitas seperti penambahan jumlah pelabuhan dan dermaga peti kemas, serta fasilitas lain yang diperlukan untuk pengembangan bandara dan terminal. – katanya lagi.

Menurutnya, dengan dibangunnya infrastruktur transportasi maka potensi sumber daya alam pertanian, peternakan, dan perikanan di Sulbar akan lebih optimal untuk memenuhi kebutuhan pangan INC di Kaltim.

Oleh karena itu, ia juga mengatakan perekonomian Sulbar akan tumbuh karena pasar komoditas pertanian Sulbar tersedia di IKN.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours