5 PTN yang Mencatatkan Rekor MURI dan Dunia di PKKMB Ospek 2024, Ada Kampusmu?

Estimated read time 4 min read

JAKARTA – Banyak perguruan tinggi negeri (PTN) yang mencatatkan rekor dalam menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) atau Ospek 2024. Kami akan memperkenalkan lima di antaranya.

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan salah satu tugas wajib bagi seluruh mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Program ini dirancang sebagai sarana awal bagi mahasiswa untuk mengenal lingkungan kampus, alur perkuliahan dan berbagai fasilitas yang ditawarkan universitas.

Baca juga: Materi dan Panduan PKKMB 2024, Bullying dari Mahasiswa Senior Dilarang Keras

PKKMB biasanya berlangsung beberapa hari dan dikemas dengan kegiatan mulai dari pengenalan organisasi kemahasiswaan, kuliah umum, dan pertukaran tentang nilai-nilai inti pendidikan tinggi. Salah satu tujuan utama PKKMB adalah membantu mahasiswa baru menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus yang berbeda dengan suasana SMA.

Baca juga: PKKMB UMJ 2023 Resmi Dibuka, Rektor: Jadilah Mahasiswa Produktif

Selain itu, PKKMB juga menjadi kesempatan bagi mahasiswa baru untuk menjalin hubungan dengan mahasiswa lain, dosen, dan dosen. Interaksi yang terjadi selama kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang bermanfaat dan kolaboratif.

Mahasiswa yang tidak mengikuti PKKMB berisiko tidak mengenal lingkungan kampus dan berbagai langkah penting yang diperlukan dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, seluruh mahasiswa baru dihimbau untuk mengikuti kegiatan ini dengan semangat dan semangat.

Baca juga: Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru IPB

Salah satu hal yang menarik dari PKKMB adalah mahasiswa baru dapat menampilkan berbagai macam paper mob dan formasi unik lainnya bahkan mencetak rekor.

Lima PTN yang berhasil mencetak rekor pada pelaksanaan PKKMB tahun 2024, dikutip dari berbagai sumber hingga Selasa (13/8/2024), adalah:

Baca Juga: 25 Terminologi Peluang Mahasiswa Baru yang Unik dan Inspiratif, Mana yang Paling Keren?

Lima PTN cetak rekor dunia MURI di PKKMB Ospek 20241 Institut Teknologi Sepul Nopember (ITS) Surabaya

Perkenalkan kampus mahasiswa baru ITS, 5.500 mahasiswa baru ITS pada Minggu (8 November 2024) berhasil mencetak rekor MURI sebagai formasi paper mob terbesar di Taman Alumni ITS.

Foto/ITS

Mahasiswa baru ITS berhasil menciptakan 40 koreografi paper mob yang menggambarkan pesan kepada masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial.

Selain untuk menanamkan pemahaman mengenai etika bermedia sosial, skema warna ini juga bertujuan untuk menunjukkan kepada mahasiswa baru bahwa budaya berprestasi tidak dapat dipisahkan dari mahasiswa ITS. Lebih dari itu, skema warna ini menyampaikan pesan bahwa berbagai warna dapat dipadukan untuk menciptakan karya yang indah dan harmonis.

2. Universitas IPB

Tak kalah dari ITS, Nalapati Vimantara, mahasiswa baru IPB University Angkatan 61, berhasil memecahkan rekor dunia Republic Record Holder (RHR) pada kategori Formasi Kaleidoskop Gerak Interaktif 3D Dinamis Public Relations.

Foto/YouTube IPB

Pemecahan rekor ini bertepatan dengan acara Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) Tahun 2024 yang diikuti 4.050 mahasiswa baru IPB pada Jumat (8 September 2024) di lapangan gimnasium Kampus IPB Dramaga Bogor.

Format formasi yang ditampilkan dalam pemecahan rekor ini dimulai dengan logo IPB University, disusul IPB Dramaga, IPB Taman Kencana, IPB Gunung Gede, IPB Varanantyan, IPB Sukabumi, tagline “Inovasi Inspiratif Inspiratif Berintegritas”, dan angkatan 61 logo, dan banyak lagi.

3. Universitas Bengkulu (UNIB)

Universitas Bungkulu sukses menorehkan sejarah dengan mencetak dua rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada PKKMB Tahun 2024 yang digelar pada Senin (8 Mei 2024).

Foto/UNIB

Dua rekor MURI yang diraih UNIB adalah ‘Maba Terbanyak Mengenakan Syal Bermotif Bunpak’ dan ‘Maba Terbanyak Menulis Pantun Bahasa Daerah’. Rekor ini berhasil dipecahkan dengan partisipasi 4.600 mahasiswa baru.

4. Universitas Jambi (UNJA)

Sebanyak 6.472 mahasiswa baru Universitas Jambi mengikuti PKKMB 2024 yang dilaksanakan pada 12 Agustus 2024. Tema PKKMB adalah menumbuhkan intelektual muda yang inovatif, unggul, dan berdaya saing menuju generasi emas 2045.

Foto/YouTube UNJA

Salah satu momen bersejarah yang paling dinantikan dalam acara pembukaan tersebut adalah upaya MURI memecahkan rekor “Rekor Senam PKKMB Mahasiswa Baru Terbanyak”.

Seluruh mahasiswa baru bekerja keras dalam senam yang dirancang khusus untuk acara ini. Keberhasilan mencatatkan rekor ini diharapkan bisa mengharumkan nama UNJA di kancah nasional.

5. Universitas Sriwijaya (UNSRI)

PKKMB 2024 yang dilaksanakan di UNSRI pada Selasa (8 Juni 2024) diikuti oleh 9.029 mahasiswa baru. Sama halnya dengan keempat PTN di atas, UNSRI juga berhasil mencatatkan rekor MURI.

Foto/YouTube UNSRI

UNSRI berhasil mencetak rekor MURI pada kategori ecobrick sampah yang dibuat dalam bentuk logo UNSRI dengan menggunakan 5.148 sampah botol plastik.

Inilah lima PTN yang mencetak rekor MURI tahun ini dalam prosesi pengenalan mahasiswa baru dengan kehidupan kampus. Saya harap informasi ini bermanfaat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours