INH Salurkan Ratusan Paket Sembako untuk Korban Puting Beliung di Kabupaten Bogor

Estimated read time 2 min read

JAKARTA. Bantuan pangan pertama telah diberikan kepada korban bencana alam siklon yang terjadi di beberapa wilayah wilayah Bogor. Bantuan disalurkan oleh organisasi kemanusiaan International Humanitarian Network (INH).

Tim media INH menyampaikan: “Alhamdulillah, hari ini tim INH membagikan paket sembako kepada keluarga terdampak angin topan di Kampung Pagar Jangkung RT03/06, Desa Situ Ilir, Kecamatan Sibungbulang, Provinsi Bogor”. Haytun Nissa yang menyerahkan langsung paket bantuan kemanusiaan tersebut, Rabu (11/9/2024).

Menurut dia, badai yang terjadi di kawasan ini sangat parah, banyak rumah warga yang rusak ringan, sedang, dan berat.

“Kami mendatangi rumah-rumah penduduk dan banyak di antara mereka yang terkena dampak dan sangat membutuhkan bantuan kami. Kami berharap apa yang kami lakukan hari ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak bencana alam.”

Ica mengatakan, lembaga kemanusiaan INH berencana menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana alam dalam skala besar. Oleh karena itu, pihaknya mengajak para donatur dan masyarakat Indonesia pada umumnya untuk berpartisipasi dalam program kemanusiaan.

“Insya Allah kami akan membuka dan memperkuat kampanye tanggap darurat nasional, dana yang terkumpul dari masyarakat kemudian akan disalurkan kepada masyarakat yang menjadi korban bencana alam. “Permen kami sangat berarti bagi mereka,” katanya.

Sementara itu, Amiruddin (54 tahun), warga yang rumahnya rusak akibat terjangan badai, sangat senang menerima paket bantuan sembako dari INH yang menurutnya sangat berarti dan bermanfaat bagi keluarga kakeknya.

“Terima kasih kepada INH atas paket bantuan pangan yang besar, kami berharap INH terus berkembang dan tetap menjadi yang terdepan dalam kegiatan kemanusiaan,” ujarnya.

Eni juga mengungkapkan bahwa paket sembako yang diterimanya dapat memenuhi kebutuhan mendesaknya di tengah bencana alam saat ini. Bantuan ini tentu dapat meringankan beban mereka yang terkena dampak bencana.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyebutkan, angin puting beliung di Kabupaten Bogor terkonsentrasi di Desa Simayang Pomijahan bahkan menewaskan dua orang.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, M Adam Hamdani, dari Sibinong, Selasa mengungkapkan, kedua korban adalah Pendi (45) dan Wanto (40). Keduanya tewas tertimpa puing-puing bangunan.

Adam mengatakan, “Selain Pendi dan Vanto, ada empat korban lainnya yang mengalami luka-luka. Total ada 6 korban. Dia sekarang telah dipindahkan ke Rumah Sakit Regional Leuvillian.”

Peristiwa nahas itu terjadi beberapa waktu lalu, Senin, 2 September 2024, saat hujan deras disertai angin kencang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Bogor.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours