Jakut lakukan sejumlah strategi untuk capai target imunisasi polio

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menerapkan serangkaian strategi untuk mencapai target vaksinasi polio pada Pekan Imunisasi Polio Nasional 2024 di wilayahnya.

“Kami telah menyiapkan strategi untuk mencapai tujuan pemberian vaksinasi polio kepada anak-anak di wilayah Jakarta Utara,” kata Wali Kota Jakarta Ali Maulana Hakim, Selasa.

Ia mengatakan, penerapan PIN Polio di Jakarta Utara (Yakut) dilakukan tidak hanya di layanan kesehatan saja, melainkan di lokasi lain.

Mulai dari kantor RW, hingga Ruang Terbuka Umum Ramah Anak (RPTRA), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), taman bermain, pusat perbelanjaan dan tempat-tempat lain yang sering berkumpul anak-anak.

Menurut dia, jumlah sasaran vaksinasi polio pada anak usia 0-7 tahun di Jakarta Utara sebanyak 218.303 anak. Partai tersebut bertujuan untuk memastikan 31.186 anak menerima vaksin polio setiap hari

“Kami siap mendukung penerapan PIN Polio pada tahun 2024, memastikan capaian PIN Polio tinggi dan merata di seluruh wilayah Jakarta Utara,” ujarnya.

Kegiatan PIN polio putaran pertama berlangsung di pusat RPTRA Pulo Besar dengan melibatkan masyarakat setempat.

“Saya ingin anak saya sehat dan bebas polio, maka saya membawa anak saya yang berusia enam tahun ke RPTRA Pulo Besar untuk diberikan vaksinasi polio tetes,” kata Yanti, warga Desa Sunter Jaya.

Alhamdulillah proses pelayanannya sangat cepat dan lokasinya juga terjangkau karena dekat dengan rumah, ujarnya.

Sebelumnya Pj Asisten Kesejahteraan Sosial Setda Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, sebanyak 1,2 juta anak di seluruh DKI Jakarta menjadi sasaran utama vaksinasi polio yang dilakukan dalam dua putaran.

Putaran pertama dimulai pada 23 Juli hingga 3 Agustus 2024, sedangkan putaran kedua dimulai pada 6 hingga 17 Agustus 2024.

Kegiatan pencanangan Pekan Imunisasi Polio Nasional (PIN) Tahun 2024 tingkat provinsi DKI Jakarta berlangsung pada Selasa (23/7) di RPTRA Pulo Besar di Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Ia mengaku optimis tujuan pemberian vaksinasi polio kepada anak-anak akan tercapai. “Perlu sinergi dari seluruh bapak dan ibu untuk mencegah polio karena penyakit yang disebabkan oleh virus ini memiliki tingkat penularan yang sangat tinggi,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours