Gempa M5,8 Guncang Gunungkidul, Getarannya Dirasakan hingga Malang dan Nganjuk

Estimated read time 1 min read

GUNUNGKIDUL – Gempa berkekuatan magnitudo 5,8 melanda kawasan Gunungkidul, DI Yogyakarta pada Senin malam (26/8/2024) pukul 19.57 WIB. Gempa dirasakan di berbagai wilayah termasuk Malang dan Nganjuk, Jawa Timur. Meski cukup kuat, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa ini tidak berpotensi memicu tsunami.

Berdasarkan data BMKG, pusat gempa berada di lautan, sekitar 95 km barat daya Gunungkidul, pada kedalaman 30 km. Lokasi pasti gempa berada pada koordinat 8,78 Lintang Selatan dan 110,27 Bujur Timur. Getaran gempa yang dirasakan dengan skala intensitas III MMI (Modified Mercalli Intensity) di Karangkates dan II MMI di Nganjuk dan Malang, menunjukkan getaran ringan yang dirasakan beberapa masyarakat di dalam ruangan.

Info Gempa dirasakan Mag: 5.8, Lokasi: Pusat gempa berada di laut 95 km barat daya Gunungkidul, Waktu: 26/08/24 19:57:42 WIB, Kedalaman: 30 km, Gempa ini terasa (MMI): III Karangkates , II Nganjuk, II Malang,” demikian keterangan resmi BMKG.

BMKG juga menambahkan, informasi tersebut masih bersifat sementara dan berfokus pada kecepatan pengiriman data. Hasil pengolahan data dapat berubah tergantung kelengkapan informasi yang diterima.

Sejauh ini belum ada laporan resmi mengenai korban jiwa atau kerusakan akibat gempa tersebut. Masyarakat diimbau tetap tenang dan mengikuti informasi terkini dari pihak berwenang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours