Soal Aturan Pembatasan BBM Subsidi, Bahlil: Jangan Berspekulasi!

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan pihaknya masih membahas aturan batasan bahan bakar bersubsidi (BBM). Sebelumnya pemerintah dikabarkan akan memberlakukan pembatasan bahan bakar mulai 1 Oktober 2024.

“Jadi aturannya belum ada dan belum diterapkan. Yang jelas masih dalam pembahasan. Saya kira 1 sampai 2 minggu ke depan belum ada aturannya,” jelasnya pasca- pertemuan.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) periode 2015-2019 ini juga meminta masyarakat tidak berspekulasi apa pun karena aturan mengenai BBM bersubsidi belum final. “Jadi jangan berspekulasi dulu. Jadi aturannya masih dibicarakan,” tegasnya.

Bahlil juga menegaskan, kriteria penerima subsidi BBM juga akan diumumkan pada waktunya. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat menunggu pengumuman resmi pemerintah untuk menentukan kendaraan atau individu mana yang berhak mendapatkan subsidi bahan bakar.

Yang jelas BBM itu akan diberikan kepada mereka yang berhak mendapat subsidi dan itu benar. Jangan berikan BBM bersubsidi kepada orang seperti saya atau Pak Agus, itu tidak adil.

Hal ini terjadi setelah Sekretaris Jenderal Komisi Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto membeberkan kendaraan mana yang masih bisa menggunakan perlite dan solar dalam revisi Peraturan Presiden (Perpres) 191 mendatang.

“Agak bocoran sih, walaupun sebetulnya saya tidak bisa ngomong apa-apa, tapi di Perpres yang baru, angkutan umum barang tidak perlu khawatir, orang itu tetap bisa (BBM bersubsidi),” kata Djoko saat ditemui. pertemuan di Jakarta, Rabu (11/9).

Nantinya, BPH Migas mendistribusikan energi surya tersebut berdasarkan wilayah dan tiap SPBU, kata Choco. “Jadi, kalau daerah Anda tidak cukup mengirimkan sumber daya ke BPH, bisa disalurkan ke daerah-daerah yang kelebihan sumber daya. Masalahnya sekarang banyak daerah-daerah tersebut yang disalahgunakan untuk perkebunan, industri, dan lain-lain,” tegas Djoko.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours