Miley Cyrus digugat atas lagu “Flowers” mirip lagu Bruno Mars

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Pemilik hak cipta musik Tempo Music Investments menggugat penyanyi pop Miley Cyrus, yang mengklaim lagu hitnya “Flowers” meniru lagu hit bintang pop Bruno Mars lainnya “When I Was Your Man”.

Gugatan yang ditulis di laman Channel News Asia pada Rabu, diajukan pada Senin (16/9), dan menyebutkan lagu “Flowers” menduplikasi banyak melodi, harmoni, dan elemen lirik dari lagu Bruno Mars yang menduduki puncak Billboard Hot 100. . . Pada tahun 2013.

Gugatan Tempo menyatakan bahwa “Flowers” memiliki “kesamaan yang signifikan” dengan “When I Was Your Man”, termasuk melodi, garis bass, progresi akord, dan elemen lirik. Gugatan tersebut juga mengutip artikel Billboard dari tahun 2023, yang menyatakan bahwa “setiap pendengar akan melihat bahwa [lagu Mars] memiliki chorus yang sangat berbeda dari apa yang dinyanyikan Cyrus di Flowers.”

Juru bicara label Cyrus, Sony Music, serta pengacara dan produser Tempo tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai gugatan tersebut pada Selasa.

Mars tidak terlibat dalam gugatan tersebut, dan juru bicara label rekamannya, Atlantic Records milik Warner Music Group, menolak berkomentar. Tempo mengatakan dalam gugatannya bahwa mereka membeli sebagian lagu “When I Was Your Man” dari rekan penulis lagu tersebut, Philip Lawrence pada tahun 2020.

Gugatan tersebut juga menuduh pemilik layanan streaming termasuk Apple dan Amazon, serta pengecer termasuk Target dan Walmart, melanggar hak cipta Tempo dengan mendistribusikan lagu Cyrus.

Juru bicara perusahaan tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Tempo meminta pengadilan membayar ganti rugi sebesar jumlah yang tidak ditentukan dan memberikan perintah penahanan atas dugaan pelanggaran tersebut.

Cyrus merilis single “Bunga” dari albumnya tahun 2023, Liburan Musim Panas Tanpa Akhir. “Flowers” telah diputar lebih dari 1 miliar kali di Spotify dan memenangkan Grammy Award 2024 untuk Lagu Terbaik.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours