10 Jenis Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Payudara

Estimated read time 3 min read

JAKARTA. Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh wanita. Kanker jenis ini dapat menimbulkan komplikasi dan kematian pada pasiennya.

Oleh karena itu, kanker payudara memerlukan pengobatan yang sangat serius dan tindakan pencegahan dini sebelum timbul situasi yang tidak diinginkan.

Upaya dini seperti pola hidup sehat, pola makan sehat dan kunjungan rutin ke dokter sangat diperlukan untuk mencegah kita terkena kanker payudara. Kebiasaan makan yang tidak sehat juga menjadi salah satu faktor penyebab kanker payudara.

Model makan sehat pasti bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Lantas, makanan apa saja yang bisa mencegah kanker payudara? Berikut ulasannya.

Jenis makanan untuk pencegahan kanker payudara1. Semua jenis buah Anda bisa mengonsumsi semua jenis buah, seperti stroberi, raspberry, blueberry, dan cranberry. Buah ini mampu mencegah kanker payudara sejak dini karena mengandung antosianin dan flavonoid. Senyawa ini mampu melindungi dari kerusakan sel-sel tubuh sekaligus mencegah penyebaran kanker.

2. Tomat Tomat merupakan jenis buah yang mengandung karotenoid paling banyak. Karotenoid mengandung antioksidan yang mampu melawan segala jenis radikal dalam tubuh. Zat ini juga dapat menunjang imunitas tubuh dan melindungi dari segala penyakit.

3. Sayuran Akar Akar atau sayuran cruciferous merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung senyawa glukosinolat. Senyawa ini mampu melawan sel kanker payudara di tubuh manusia. Senyawa ini bisa Anda temukan pada berbagai sayuran umbi-umbian, seperti brokoli, kubis, dan sawi.

4. Seledri Seledri mengandung apigenin, antioksidan yang mampu melawan sel kanker selama pertumbuhan. Menurut penelitian dalam Cell & Bioscience Journal (2017), ditemukan bahwa apigenin dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara pada tubuh manusia.

5. Minyak Zaitun Minyak zaitun merupakan sumber asam lemak omega-3. Menurut penelitian tahun 2015 di Amerika, manfaat omega-3 dapat mencegah kanker payudara. Selain itu, omega-3 juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada tubuh manusia.

6. Bawang. Bawang bombay merupakan salah satu jenis makanan yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Hal ini ditemukan dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Puerto Rico, yang menunjukkan bahwa wanita yang makan bawang bombay setiap hari memiliki risiko 67% lebih rendah dibandingkan wanita yang tidak makan bawang bombay.

7. Kedelai Kedelai merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung isoflavon. Zat ini mampu mencegah dan mengurangi risiko kanker payudara. Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis olahan kedelai, seperti tahu, tempe, dan susu kedelai.

8. Gandum Utuh Gandum utuh meliputi beras merah, gandum, dan jagung. Berbagai jenis biji-bijian ini mengandung nutrisi dan fitokimia tingkat tinggi. Tingginya kadar nutrisi dan fitokimia dapat mengubah kerja hormon pada pasien kanker payudara.

9. Sayuran hijau Sayuran hijau juga merupakan salah satu jenis makanan yang mampu mencegah tumbuhnya sel kanker payudara. Pasalnya, sayuran hijau mengandung zat yang memiliki efek radikal. Anda bisa mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan selada.

10. Susu skim Kandungan vitamin D pada susu mungkin bermanfaat bagi pasien kanker payudara. Namun, susu seringkali tinggi lemak dan harus dibatasi.

Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi susu skim yang mengandung vitamin D. Dipercaya dapat mencegah dan mengendalikan pertumbuhan sel kanker payudara.

Itulah gambaran 10 jenis makanan pencegah kanker payudara. Saya harap ini bermanfaat. Status MG/Bramcov Stevens

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours