Israel Takut Tepi Barat akan Meledak, Ratusan Pemukim Zionis Bisa Tewas

Estimated read time 2 min read

Tel Aviv – Menteri Pertahanan Israel Yoav Galant dan kepala badan keamanan Israel memperingatkan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu tentang memburuknya situasi di Tepi Barat.

Channel 13 melaporkan bahwa mereka menyatakan ketakutan akan “ledakan lebih lanjut” yang dapat menewaskan ratusan warga Israel.

Peringatan itu muncul pada rapat kabinet politik dan keamanan terakhir Gallant; Ronen Bar, kepala badan keamanan Shin Bet; dan Kepala Staf IDF Herzi Halevi.

Menurut laporan tersebut, para pejabat keamanan mengkonfirmasi bahwa “jumlah senjata di Tepi Barat adalah yang tertinggi dalam sejarah kawasan karena pelanggaran keamanan di perbatasan timur dan pencurian senjata dari pangkalan militer Israel.”

Kepala keamanan memperingatkan bahwa situasi yang memburuk dapat menyebabkan operasi pemboman skala besar hingga ke wilayah Israel.

Dia mengusulkan beberapa langkah untuk meredakan situasi, termasuk mengizinkan pekerja Palestina bekerja di Israel.

Dana yang disita juga disarankan untuk ditransfer ke Otoritas Palestina, yang diblokir oleh menteri keuangan sayap kanan Bezalel Smotrich.

Selain itu, ia mengatakan “status quo” Masjid Al-Aqsa harus dipertahankan dalam menghadapi provokasi menteri Israel yang rasis Itamar Ben-Gavir.

Meskipun Netanyahu menyatakan bahwa “koordinasi dengan Masjid Al-Aqsa diperlukan sebelum mengambil tindakan apa pun,” tampaknya tidak ada kesepakatan mengenai rekomendasi keamanan lainnya.

Laporan menunjukkan bahwa militer Israel menghadapi “tantangan dalam mengkonsolidasikan pasukannya di Tepi Barat” karena tuntutan di garis depan lainnya, Gaza dan perbatasan Lebanon, yang menyebabkan “kekhawatiran bahwa ‘ledakan besar-besaran’ dapat mempengaruhi wilayah tersebut. Operasi militer dalam konteks perang Gaza

Dalam hal ini, Menteri Keamanan Nasional, Ben-Gavir, mengirim surat kepada Netanyahu menuntut agar tujuan perang saat ini mencakup “kekalahan Hamas dan afiliasinya di Tepi Barat.”

Israel telah membunuh 40.988 warga Palestina di Jalur Gaza. Kebanyakan korbannya adalah perempuan dan anak-anak.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours