Performa Harry Kane Banjir Kritik, Ini Pembelaan Legenda Sepak Bola Inggris 

Estimated read time 3 min read

JERMAN – Legenda sepak bola Inggris Wayne Rooney membela kapten Inggris Harry Kane, yang mendapat kritik atas partisipasinya di Piala Eropa 2024. Kritik media Inggris memicu pernyataan rinci dari Rooney.

“Mari kita bicara tentang Harry Kane dan desas-desus di sekitar sang kapten. “Oke, dia tidak memainkan dua pertandingan terbaiknya, tapi dia juga memulai dengan lambat di Piala Dunia dan Euro 2020 dan tahu bagaimana mengendalikan kecepatannya di final,” kata Rooney pada Minggu (23 Juni), menurut Mirror/ 2024 ).

“Bagaimanapun dia bermain, dia selalu bisa mencetak gol, seperti yang kita lihat melawan Denmark, dan dia masih menjadi salah satu pemain yang akan mencetak gol,” tambahnya.

Mantan pemain Manchester United itu mengaku memahami perdebatan seputar performa Kane. Namun, dia mencatat bahwa Kane selalu bermain bagus untuk Inggris. Ia berharap sang kapten segera tampil bagus lagi untuk membungkam kritik terhadapnya.

Pengamatan Rooney sesuai dengan fakta di lapangan. Dalam dua turnamen besar terakhir, yakni Piala Dunia 2022 dan Piala Eropa 2020, performa Kane selalu terlambat mencapai puncaknya.

Di Piala Dunia 2022, setelah tampil loyo di babak penyisihan grup, Kane hanya mencetak gol di babak 16 besar bahkan mencetak dua gol dalam dua pertandingan terakhirnya di ajang sepak bola terbesar dunia itu. Di Piala Eropa 2020, Kane juga sempat mengalami paceklik gol di tiga laga pertama babak penyisihan grup, namun kemudian mencetak empat gol dalam tiga laga untuk mencapai babak semifinal.

Rooney tak memungkiri bahwa Kane tampil loyo dalam beberapa penampilan terakhirnya bersama Inggris. Namun, menurutnya, hal tersebut juga karena ia terlalu memanjakan diri usai pindah ke FC Bayern Munich musim panas lalu.

“Memang benar dia tidak bermain dengan banyak energi dan tidak terlihat fit sejak pertandingan persahabatan melawan Islandia. “Dia tampak lelah tetapi Harry selalu terlihat seperti itu ketika dia berada jauh dan dia selalu bermain dan tampil bersemangat lagi,” kata Rooney.

Ada beberapa elemen yang menurut Kane muncul karena dia bermain berbeda untuk Bayern Munich selama 12 bulan terakhir. “Jadi ada juga adaptasi fisik tertentu. “Saya tidak mengkhawatirkannya,” kata Rooney.

Meski akhir-akhir ini masih tampil panas, Kane sudah saatnya menunjukkan ketajaman yang sebenarnya dimiliki tim besutan Gareth Southgate pada laga terakhir Grup C Piala Eropa 2024 melawan Slovenia pada Rabu (26/06/2024) pukul 02:00 WIB. diperlukan.

Pada laga sebelumnya, Kane gagal mencetak gol saat Inggris melakoni laga pembuka Grup C Euro 2024 melawan Serbia, meski timnya menang 1-0. Striker Bayern Munich itu mencetak gol pertamanya pada leg kedua penyisihan grup melawan Denmark saat skor 1-1.

Performa Kane jauh dari ekspektasi. Pasalnya ia dikenal sebagai penyerang yang mampu mencetak gol dengan tajam dan memiliki umpan-umpan akurat.

Striker berusia 30 tahun itu merupakan top skorer sepanjang masa The Three Lions – julukan timnas Inggris. Ia menyalip Rooney yang kini berada di peringkat kedua dengan 64 gol dalam 93 penampilan.

Kemenangan menjadi hadiah pasti bagi mereka jika tak mau bergantung pada hasil tim lain untuk mengamankan tiket ke babak 16 besar.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours