Teknologi Baru Berbasis AI, Bantu Sopir Kendarai Truk Tanpa Spion

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Kendaraan niaga seperti truk tak bisa lepas dari sentuhan kecerdasan buatan (AI). Fitur-fiturnya sangat canggih, memudahkan pengemudi dan diklaim hemat bahan bakar.

Gauzy Ltd. Sebuah perusahaan Israel telah merilis sistem bantuan pengemudi canggih (ADAS) generasi pertama berdasarkan kecerdasan buatan, yang dirancang khusus untuk truk komersial. ADAS untuk truk komersial, diintegrasikan ke dalam rangkaian truk Ford untuk meningkatkan keselamatan.

Sistem ADAS menggunakan Smart-Vision Camera Monitoring System (CMS), yang meningkatkan keselamatan dan efisiensi armada sekaligus mengurangi konsumsi bahan bakar. Teknologi ini ditujukan untuk industri angkutan truk global senilai $2,2 triliun.

CMS Smart-Vision memungkinkan operator truk komersial memiliki pandangan jalan yang lebih baik dari berbagai titik pandang dengan menghilangkan titik buta. Ia juga diprogram untuk mengirimkan peringatan real-time kepada pengemudi, memungkinkan mereka membuat keputusan yang lebih cerdas dan aman.

Sistem ini terintegrasi dengan model truk atau trailer komersial, menggantikan kaca spion belakang, depan dan samping dengan tampilan interior berkualitas tinggi dan kamera definisi tinggi yang dipasang di bagian luar truk komersial.

Hal ini memberi pengemudi pandangan yang lebih luas dan tidak terbatas ke sekeliling untuk memudahkan manuver dan lebih presisi saat mundur dan parkir. Sistem Smart-Vision Gauzy menawarkan fungsi-fungsi canggih yang belum pernah ada sebelumnya di pasaran, seperti fungsi otomatis dan prediktif.

Bilah manuver adaptif muncul di layar sistem. Pada saat yang sama, truk komersial bergerak saat trailer dikalibrasi sehingga pengemudi dapat melihat ruang tersisa antara trailer dan rintangan. Fitur ini membantu mengatasi keterbatasan persepsi kedalaman yang mencerminkan batasan inheren.

Selain itu, sistem ini dilengkapi dengan fungsi untuk melindungi pengguna jalan yang rentan dengan mendeteksi secara akurat berbagai hambatan jalan, seperti pejalan kaki atau pengendara sepeda di jalan.

Hasilnya, sistem canggih ini terbukti mengurangi kecelakaan, menjadikan jalan lebih aman di seluruh dunia, meningkatkan kinerja armada melalui prosedur otomatis, dan mengurangi emisi karbon.

Tidak seperti ADAS lain yang tersedia, Gauzy adalah yang pertama menawarkan fungsi mundur ketika truk komersial mundur.

Selain itu, beberapa opsi panning tersedia untuk memberikan pengemudi pandangan langsung ke belakang kendaraan saat berbelok, menghilangkan titik buta dan menawarkan solusi terhadap sumber utama kecelakaan di industri angkutan truk.

Saat pengemudi mundur, mode manuver CMS diaktifkan, yang menandakan kamera yang dapat diperbesar muncul di salah satu layar kabin. Kamera menunjukkan kepada pengemudi di mana tepatnya trailer itu berada dan di mana trailer itu berakhir.

Fungsi-fungsi ini memfasilitasi manuver bebas stres dan memberikan manuver lebih cepat serta keselamatan bagi pengemudi.

Selain itu, ADAS Gauzy dilengkapi dengan teknologi pendeteksi tabrakan dan sistem informasi blind spot. Sistem ini diprogram untuk mengirimkan peringatan suara dan visual kepada pengemudi mengenai potensi bahaya – yaitu kendaraan lain, pejalan kaki, pengendara sepeda, benda atau hambatan – langsung di depan, di samping, atau di titik buta mereka.

CMS Smart-Vision juga membantu memecahkan salah satu masalah paling berbahaya dalam angkutan truk: terbatasnya visibilitas pengemudi terhadap apa yang terjadi di sekitar mereka, terutama saat berbelok atau mundur.

Mode pemantauan sebagai fitur lain dari Gauzy Smart-Vision CMS. Hal ini memungkinkan pengemudi truk untuk memantau kendaraan dari jarak jauh, sehingga memberikan tingkat keamanan ekstra.

Sistem ini dapat merekam aktivitas mencurigakan dan mengirimkan peringatan langsung ke perangkat seluler pengemudi setiap kali kamera mendeteksi pergerakan di sekitar kendaraan, sehingga membantu mengurangi risiko pencurian dan vandalisme.

Fitur ini memungkinkan pengemudi merasa lebih nyaman menghabiskan waktu jauh dari mobilnya, terutama saat mengangkut barang berharga dan mahal melintasi kota, negara bagian, dan negara.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours