Kirab api PON Aceh-Sumut lintasi 15 daerah dalam tujuh hari

Estimated read time 2 min read

Banda Aceh (ANTARA) – Kirab Api Aceh-Sumatera Utara (PON) 2024 telah melewati 15 dari 23 kabupaten/kota di Aceh dalam waktu seminggu setelah dimulai dari Gunung Jaboi di Sabang, Selasa lalu (27). /8).

Alhamdulillah, setelah 7 hari, Tim Parade Api PON Aceh menyambut konvoi estafet di 15 kabupaten/kota termasuk Pakpak Bharat, kata Akkar Arafat, Pembawa Acara, PB PON XXI Aceh-Sumut 2024 Provinsi Aceh. Senin di Banda Aceh.

Dimulai dari Sabang pada Selasa (27/08), pawai api PON berpindah ke Aceh Jaya, Simeulue, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Sinkil dan Subulsalam.

Akkar mengatakan, tim Parade Api PON XXI asal Subulsalam bertemu dengan Tim Karnaval Api PON XXI Sumut dalam lomba lari estafet.

Kirab api PON XXI dilakukan oleh Pj Wali Kota Subulsalam Azhari, Pj Gubernur Provinsi Aceh, dan Pj Gubernur Sumut Provinsi Pakpak Bharat Frank Bernhard Tumanggor.

Pawai estafet pemadam kebakaran PON XXI digelar di alun-alun desa Prulichen, Kecamatan Jehe, STU. Ribuan orang berkumpul di alun-alun untuk menyaksikan momen indah ini.

Nantinya, kata Akkar, Tim Aksi Kebakaran PON XXI Aceh dipindahkan ke Provinsi Aceh Tenggara dan Gayo Lues.

Pada Minggu (9/1), Kirab Api PON XXI tiba di Bumi Mude Sedi, Provinsi Aceh Tamiang, diterima oleh Pj Sekretaris Daerah Provinsi Aceh Tamiang, Tri Kurnia, dan disambut hangat oleh ribuan warga setempat.

Pagi tadi, Pj Provinsi Aceh Tamiang Asra memberangkatkan tim pawai api PON XXI Aceh ke Langs. Pj Wali Kota Langsa bersama Forkopimd setempat menemuinya di Lapangan Merdeka Langsa.

“Hari ini pawai api PON bergerak lagi ke Provinsi Aceh Timur dan menuju ke Aceh Utara tempat dilaksanakannya,” ujarnya.

Ia sangat bersyukur atas antusias masyarakat, pelajar, dan seluruh jajaran pemerintahan yang antusias mensukseskan PON Aceh-Sumut.

Mari bersama-sama kita siap menyambut tamu kita dengan ramah untuk mensukseskan PON XXI Aceh bagi saudara-saudara kita seluruh nusantara yang tergabung dalam PON XXI, kata Akkar Arafat.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada Senin (9/9) di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh dengan mempertandingkan 65 cabang olahraga hingga penutupan pada 20 September 2024. Stadion Sumatera Utara Tengah, Deli Serdang, Sumatera Utara.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours