RI usung konsep ekonomi biru jadi solusi kesejahteraan di HLF MSP

Estimated read time 2 min read

Badung (ANTARA) – Indonesia mengusulkan konsep ekonomi biru untuk mengatasi permasalahan jaminan sosial multilateral pada tahun 2024.

“Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya kelautan melihat pentingnya pemanfaatan sumber daya tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Kebijakan, Hukum, dan Keamanan Bappenas Bogat Vidyatmoko usai konferensi pers. Badung, Bali Minggu.

Konsep ekonomi biru dikembangkan Bappenas melalui Roadmap Ekonomi Biru Indonesia 2023-2045.

Menurut Bogat, konsep ekonomi biru Indonesia menjadi acuan negara-negara ASEAN dan menarik perhatian Organization for Economic Co-operation and Development (OECD).

Pada saat yang sama, masyarakat dunia sedang menyelesaikan permasalahan kesejahteraan dan stabilitas, yang seharusnya menjadi semangat pembangunan internasional. Konsumsi sumber daya ekonomi yang tidak terukur adalah pendorong terjadinya krisis yang sebenarnya, kata Bogat.

Dalam konteks ini, Indonesia menghadirkan ekonomi biru sebagai solusi kesejahteraan berkelanjutan.

Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa sebelumnya mengatakan ekonomi biru bisa menjadi mesin baru pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Penerapan ekonomi biru dikatakan akan membantu migrasi berbagai sektor, khususnya sektor maritim.

Melalui Blue Economic Roadmap, Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan ekonomi maritim dari 7,6 persen menjadi 15 persen PDB Indonesia pada tahun 2045.

Suhaso mengatakan Indonesia berada di jalur yang tepat untuk menerapkan (ekonomi biru) dan mencapai 10 persen kawasan perlindungan laut (MPA) pada tahun 2030.

Selain itu, ekonomi biru diproyeksikan akan menciptakan 12 juta lapangan kerja baru pada tahun 2030, yang akan tercipta karena terus dikembangkan dan diterapkannya ekonomi biru. .

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours