Kemenkominfo fokus kampanyekan tiga isu utama jaga Pilkada Damai 2024

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) fokus mengkampanyekan tiga isu utama untuk menjaga pemilu kepala daerah (Pilkada) 2024 tetap damai dan menjaga keharmonisan sosial.

Tiga tema besarnya adalah: pertama, peningkatan partisipasi pemilih, kedua, prediksi SARA seperti Pusat dan jaga kebersihan ruang digital, dan ketiga, peningkatan kepercayaan terhadap demokrasi demi kesejahteraan rakyat.

“Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan hati-hati dan menolak pemberitaan SARA dan kebencian. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan: “Jaga ruang digital agar aman dan kondusif dan menyadari bahwa suara kita sangat berharga dalam menjaga demokrasi,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi dalam keterangannya, Jumat.

Menurut Budi, kewaspadaan masyarakat jelang Pilkada 2024 perlu dilakukan agar masyarakat tidak terjebak dalam ancaman kisruh informasi, termasuk penipuan, informasi palsu, dan disinformasi.

Menurutnya, disrupsi dan kekacauan informasi didorong oleh tiga unsur utama: agen yang menghasilkan informasi, pesan yang disebarluaskan, dan penerjemah atau khalayak yang menafsirkan informasi tersebut.

Oleh karena itu, sebagai sasaran informasi palsu tersebut, masyarakat harus berhati-hati dalam mengonsumsi informasi, khususnya seputar Pilkada 2024, agar tidak merangsang dan menjaga demokrasi secara positif.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, sejauh ini jumlah penipuan terkait pemilu 2024 relatif kecil dibandingkan pemilu sebelumnya.

Ia mengatakan, dibandingkan Pilkada yang digelar pada 2019 hingga 2020, ia menemukan adanya permasalahan kecurangan di 80 isu daerah. Sedangkan pada Januari 2023 hingga September 2024, hoaks pemilu 2024 hanya ada 8 buah.

“Jumlah penipuan yang ditemukan sebelum tahun 2024 relatif kecil. Kondisi harus terus kita tangani dan jaga agar pemilu 2024 tetap berjalan lancar, damai dan terkendali,” tutupnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours