Kemarin, upaya perluasan lapangan kerja hingga penguatan rupiah

Estimated read time 3 min read

Jakarta (ANTARA) – Lima berita bisnis pilihan kemarin masih menarik untuk dibaca hingga hari ini, Selasa. Mulai dari upaya pemerintah memperluas lapangan kerja hingga penguatan nilai tukar rupiah yang dipengaruhi oleh penurunan inflasi.

Berikut ringkasan beritanya:

Menko Luhut ingin meningkatkan kesempatan kerja melalui “kantor keluarga”.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan peningkatan pendapatan produk domestik bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja melalui program investasi kantor keluarga atau pengelolaan dana berbasis keluarga.

“Dia harus datang ke sini (Indonesia). Misalnya dia investasi 10 atau 30 juta dollar AS, dia harus investasi berapa juta, lalu dia juga harus menggunakan orang Indonesia untuk bekerja di kantor keluarga. Jadi nanti akan kita pajakkan, kata Luhut, seperti dikutip dari akun Instagram resminya luhut.pandjaitan, yang dipantau dari Jakarta, Senin.

Baca berita selengkapnya

BKPM memastikan pelayanan perizinan tidak terkena dampak serangan siber

Kementerian Penanaman Modal/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memastikan layanan penerbitan Nomor Induk Badan Usaha (NIB) yang dikirimkan melalui sistem Online Single Submission (OSS) tidak terkena dampak serangan siber terhadap Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2. pertama kali ditemukan pada 17 Juni 2024.

“Layanan OSS masih berjalan normal dari minggu lalu hingga saat ini. Namun tim tetap berjaga-jaga dan memastikan tidak ada gangguan di kemudian hari,” kata Tina Talisa, Staf Khusus Kementerian Investasi/BKPM di Jakarta. Senin.

Baca berita selengkapnya

Kemenperin: Penyesuaian impor diperlukan untuk meningkatkan optimisme industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjelaskan perlunya penyesuaian peraturan impor untuk meningkatkan optimisme para pelaku industri di tanah air yang terkena dampak pengetatan pasar global dan peraturan perdagangan yang tidak mendukung.

“Sektor industri saat ini berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Para pelaku industri sudah berkurang optimismenya terhadap perkembangan bisnis ke depan. Hal ini akan dipengaruhi oleh melemahnya pertumbuhan pesanan baru, dipengaruhi oleh kondisi pasar, pembatasan perdagangan di negara lain serta regulasi yang tidak mendukung,” ujarnya. Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arief di Jakarta, Senin.

Baca berita selengkapnya

BPS mencatat persentase penduduk miskin akan turun menjadi 9,03 persen pada Maret 2024

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin pada Maret 2024 turun 0,33 poin persentase dibandingkan Maret 2023, menjadi 9,03 persen dari sebelumnya 9,36 persen.

“Proporsi penduduk miskin akan berkurang sebesar 0,33 poin persentase pada Maret 2023,” kata Plt Sekretaris Utama BPS Imam Machdi di Jakarta, Senin.

Baca berita selengkapnya

Nilai tukar rupiah menguat karena menurunnya inflasi di Indonesia

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ditutup menguat pada hari Senin, dipengaruhi oleh menurunnya inflasi di Indonesia.

Pada akhir perdagangan, rupiah menguat 54 poin atau 0,33 persen menjadi Rp 16.321 per dolar AS dari sebelumnya Rp 16.375 per dolar AS.

Baca berita selengkapnya

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours