Napak Jagat Nusantara meriahkan HUT TNI ke-79

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Komunitas Pertunjukan Seni dan Budaya Napak Jagat Nusantara mendapat kehormatan sebagai pengisi acara utama Pertunjukan Budaya Nusantara dalam Rangkaian Perayaan HUT ke-79 TNI.

Perwakilan Coklat Kita Napak Jagat Nusantara, Felix Weerawan mengatakan, pertunjukan tersebut dihadirkan khusus untuk mendukung TNI sebagai pilar bangsa dan kebudayaan Indonesia.

“Dengan adanya acara Napak Jagat Nusantara Coklat Kita dalam rangka perayaan HUT TNI ke-79, tentunya kita berharap dapat menjadi daya tarik dan menginspirasi masyarakat luas untuk lebih mencintai keluhuran seni dan budaya kita,” kata Felix Wiravana dalam keterangan tertulis yang diperoleh, Sabtu. .

Bertempat di Lapangan Monas Jakarta pada 21-22 September 2024, Napak Jagat Nusantara akan menjadi pertunjukan memukau budaya Indonesia mulai dari musik tradisional, tari, wayang golek hingga komedi.

Napak Jagat Nusantara yang tampil dalam rangkaian HUT TNI ke-79 merupakan wujud transformasi dari apa yang dahulu bernama Napak Jagat Pasundan (NJP).

Kelompok seniman seni budaya asal Tanah Pasundan ini sudah ada sejak tahun 2013 dan menjadi bagian dari komunitas Coklat Kita, termasuk tampil di berbagai kancah seni dan budaya nasional dan internasional.

Felix menjelaskan, sejalan dengan semangat kebersamaan penggiat seni dan budaya Indonesia, Napak Jagat Nusantara menghadirkan penampilan kolaborasi bersih dari seniman lokal dan seniman yang punya nama besar di kancah internasional.

Beberapa di antaranya adalah E.R Ethnic Percussion bersama Kiki Julior, Manshur Angklung, Dalang Khanha Ade Kasasih Sunaria Giriharja 2 Putu, sejumlah penyanyi seperti Adela bersama Difarina Indra, Shirley KDI, Nurma KDI, Luciana Jellito, Kantika Nuswantoro, dan Devita Salanatya.

“Kami juga menggaet berbagai sanggar dan kelompok seni dari Jawa Barat seperti Sanggar Algia dari Pangandaran, Sanggar Cantika dari Kabupaten Bandung, Sanggar Putra Jayabaya dari Cirebon, Sanggar Way Talatah dari Subang, Sanggar Sona Soni dari Sumedang, Kendangers Garut dan Sanggar Korwar. dari Jakarta. “Kesenian ini akan dikemas dalam pertunjukan wayang golek, rampak kendang, angklung dan tari campuran Indonesia,” jelas Felix.

Penampilan panggung budaya Napak Jagat Nusantara ini tentu menambah kemeriahan Rangkaian Perayaan HUT TNI ke-79.

Selain Napak Jagat Nusantara, rangkaian acaranya meliputi pameran alutsista, donor darah, pelayanan kesehatan, pembagian barang kebutuhan pokok, hiburan Band TNI, serta acara olah raga seperti Fun Run Panglima TNI 5K dan Panglima TNI 10K.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours