Profil Kolonel Inf Nur Wahyudi, Dansat-81 Kopassus yang Menjadi Komandan Upacara 17 Agustus di IKN

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Inf Kolonel Nur Wahudi diperkirakan akan menjadi Panglima Republik Indonesia (HUT) ke-79 di Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Nur Vahudi merupakan Komandan Satuan (Dansat)-81 Kopassus.

Berdasarkan laman Sekretariat Negara, Kolonel Nur Wahudi ditunjuk sebagai komandan upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang kedua.

Sementara itu, Kolonel TNI Angkatan Udara Lucky Indravan yang saat ini menjabat Kepala Operasi Lanud Suryadarma akan bertindak sebagai Pj Komandan acara tersebut.

Presiden Joko Widodo menjadi pembawa acara pada upacara peringatan Proklamasi Kedua di IKN. Sementara itu, Wakilnya Maruf Amin menghadiri peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta.

Profil Nur Wahyudi

Komandan upacara tahun ini, Inf Kolonel Nur Vahudi, lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 2001. Kini menjabat sebagai Komandan Satuan (Dansat) Kopassus ke-81.

Ia baru menerima layanan Dansat 81 Kopassus pada Maret 2024. Sebelumnya, perwira menengah TNI (Pamen) ini beberapa kali menduduki posisi strategis di satuan baret merah.

Awal karir Nur Wahudi bertugas di Grup 1 Kopassus Serang selama 2 tahun, kemudian mendapat pelatihan antiterorisme di Jakarta.

Setelah itu, Noor Wahyudi dipindahkan ke Grup 3/Sandhi Yudha yang tak lain adalah satuan Kopassus, tugas perang rahasia pada tahun 2012.

Sebagai penembak profesional hingga tahun 2015, pria ini menyelesaikan pelatihannya di Bandung dan kembali ke Grup 1 Kopassus Serang.

Nur Wahudi yang tergabung dalam dinas intelijen dipromosikan menjadi Komandan Batalyon 1 Kopassus Serang (Danyon) Grup 12.

Selain itu, beliau juga memimpin wilayah Dandim 0603/Lebak. Ia juga bertugas di luar negeri, bergabung dengan gugus tugas Unifil Lebanon.

Noor Wahudi merupakan suami dari Juliana Mokhtar, mantan istri mendiang Herman Seventeen yang tewas dalam bencana tsunami Banten pada akhir tahun 2018 lalu.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours