Sullivan: Biden akan fokus bahas kesepakatan sandera dengan Netanyahu

Estimated read time 2 min read

WASHINGTON (Antara) – Presiden AS Joe Biden fokus bekerja sama dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk mencapai kesepakatan mengenai sandera di Gaza dalam beberapa minggu mendatang.

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengutarakan tekad Biden pada Jumat (19/7). “Presiden akan memfokuskan energinya dengan Perdana Menteri Netanyahu mengenai apa yang diperlukan agar Amerika Serikat dan Israel dapat bekerja sama,” kata Sullivan.

“Amerika Serikat harus bekerja sama dengan penjamin dan mediator lain dalam proses ini sehingga kesepakatan dapat dicapai dalam beberapa minggu ke depan,” katanya.

Pada Kamis (18/7), Netanyahu mengonfirmasi rencananya mengunjungi Washington pekan depan untuk berpidato di Kongres AS.

Awal bulan ini, Israel dan Hamas, melalui mediator, melanjutkan pembicaraan mengenai gencatan senjata di Gaza dengan imbalan kembalinya sandera Israel.

Negosiasi terhenti sejak Mei, ketika Presiden Biden mengumumkan rencana gencatan senjata di Jalur Gaza serta pertukaran sandera.

Pada 7 Oktober 2023, Israel melancarkan operasi militer di Jalur Gaza sebagai respons atas serangan gerakan Hamas Palestina di wilayahnya.

Menurut pejabat Israel, setidaknya 120 sandera ditahan oleh Hamas di wilayah Palestina dan lebih dari 40 di antaranya diyakini tewas.

Dalam berbagai operasi kemanusiaan, 135 orang dibebaskan dari tahanan. Sejumlah tawanan tewas dan jenazah mereka dikeluarkan dari daerah tersebut.

Sumber: Sputnik-Avana

Netanyahu mengatakan perjanjian gencatan senjata tidak dapat dicapai sampai Hamas dihancurkan

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours