Mutasi TNI, 6 Pati AU Digeser Jadi Staf Khusus KSAU Tonny Harjono

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Sebanyak enam perwira tinggi (patis) TNI Angkatan Udara (AU) dipindahkan ke staf Kepala Staf Udara (KSAU), Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Keenam orang ini masuk dalam 48 pihak TNI OR yang masuk dalam daftar transisi TNI pada 24 Juli 2024.

Transfer dan rotasi didasarkan pada pesanan #. Kep/851/VII/2024 Panglima TNI tentang pemberhentian dan pengangkatan jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Telah resmi ditetapkan mutasi dan kenaikan pangkat 256 TNI Pati (Perwira Tinggi) yang meliputi: 156 TNI AD Pati, 52 TNI AL Pati, dan 48 TNI AU Pati,” kata Kepala Staf Umum Divisi TNI. Jenderal TNI Nugraha Gumilar dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (28/7/2024).

Berikut 6 pihak TNI OR yang diubah menjadi staf khusus KSAU1. Marsma TNI Antariksa Anondo

Dia dipindahkan dari Dirum Sesko TNI ke staf khusus KSAU. Antariksa Anondo merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1992. Jabatan Dirum Sesko TNI diisi oleh Kolonel Pnb Erwin Sugiandi yang sebelumnya menjabat Danlanud TGKH. M. Zainudin Abdul Majid (ZAM).

2. Marsekal TNI Harry Pinehas

Ia dipindahkan dari Wakil Panglima TNI ke Staf Khusus KSAU. Herry merupakan lulusan AAU pada tahun 1990. Jabatan Wakil Panglima TNI dijabat oleh Marsma TNI Semri Bija yang sebelumnya menjabat Dirkersamik Sesko TNI.

3. Marsma TNI Marsudiranto Widiyatmaka

Ia dipindahkan dari Kepala Mabes RB TNI ke Staf Khusus KSAU. Marsudiranto merupakan lulusan AAU pada tahun 1989. Jabatan Kepala RB Mabes TNI dijabat oleh Marsma TNI Agus Setiawan yang sebelumnya menjabat Staf Khusus KSAU.

4. Marsekal TNI Dr.Dr.Linawati

Ia dipindahkan dari Bidang Kekuatan Udara KSAU Pati Sahli menjadi Staf Khusus KSAU. Divisi Kekuatan Udara KSAU Pati Sahli diisi oleh Kolonel Teknologi Ady Rachmanayana Panca yang sebelumnya menjabat Kepala Divisi Perbekalan, Komunikasi dan Elektronika Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (Kemhan) Iptek Kementerian.

5. Marsekal TNI Fairlyanto

Ia dipindahkan dari Aspers Keskoopsudnas ke staf khusus KSAU. Fairlyanto lulus dari AAU pada tahun 1994. Jabatan Aspers Kaskoopsudnas dijabat oleh Marsma TNI Somad yang sebelumnya menjabat sebagai Spesialis Madya SKA Lemhannas.

6. Marsekal TNI Iwan Agung Djumaeri

Ia dipindahkan dari Kadisaeroau menjadi staf khusus KSAU. Iwan lulus dari AAU pada tahun 1990. Posisi Kadisaeroau diisi oleh Kolonel Tech Rudolf Presley yang sebelumnya menjabat sebagai Paban III/Aero Slogau.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours