Sandhy Sondoro sebut perkembangan musik jazz di Indonesia makin keren

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Musisi Sandhy Sondoro mencatat musik jazz semakin berkembang di Indonesia, salah satunya terlihat dari semakin banyaknya pertunjukan musik jazz yang populer di kalangan anak muda.

Yang saya lihat semakin keren, semakin banyak orang yang beradaptasi, kata Sandhy, Sabtu, saat konferensi pers acara “47th Jazz Goes to Campus” di Sarinah, Jakarta Pusat.

Meski musik jazz sudah lebih berkembang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, namun diakuinya musik jazz masih kalah populer dibandingkan musik pop di Indonesia.

Oleh karena itu, Sandhy berharap pertunjukan musik yang menonjolkan identitas jazz dapat diperluas, dan juga dapat dihadirkan media lain yang khusus menampilkan musik jazz. Misalnya stasiun radio yang khusus memutar musik jazz.

“Kalau ada media khusus untuk musik jazz, mungkin bisa menarik perhatian masyarakat, khususnya generasi muda,” kata Sandhy.

Sandhy menuturkan, kini dirinya kerap memainkan musik jazz bersama generasi muda.

“Aku sering bermain dengan anak-anak muda yang berasal dari SMA musik, dan zamanku tidak seperti sekarang,” ujar pelantun “Blue Nights” itu.

Berdasarkan pengalamannya bermain musik jazz bersama generasi muda, ia meyakini pendidikan musik komprehensif semakin berkembang di Indonesia.

Sekolah formal dan universitas kini menawarkan pelajaran musik khusus, sehingga Sandhy optimis industri musik Indonesia punya masa depan cerah.

“Musik jazz Indonesia semakin bagus dan berkembang, semoga jazz bisa lebih (berpengaruh),” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours