Cara Mengikuti Simulasi CAT BKN untuk Tes CPNS 2024, Tingkatkan Peluang Lulus!

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Cara mengikuti simulasi CAT BKN 2024 yang wajib diketahui calon CPNS. Perlu ditegaskan, tidak ada kisi-kisi soal pada simulasi CAT BKN ini.

Setelah pengumuman Seleksi Pengurus CPNS 2024, akan ada tahapan selanjutnya yaitu Seleksi Keterampilan Dasar (SKD) dan Seleksi Keterampilan Daerah (SKB).

Baca selengkapnya: Tes Bakat 5 Calon PNS Kemenkumham 2024, Perhatian

SKD tersebut meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Ciri Diri (TKP). Batasan nilai TWK adalah 65, TIU 80, dan TKP 166.

Nilai kelulusan akan bervariasi sesuai dengan kategori kebutuhan anak laki-laki dan perempuan dengan kualifikasi kehormatan atau kejuruan, dan kebutuhan anak laki-laki dan perempuan penyandang disabilitas dan Papua.

Baca Juga: Sob, Ini 5 Kementerian dengan Pendaftar CPNS Terbanyak 2024 Nomor Mana yang Kamu Pilih?

Pelamar yang berhasil menyelesaikan seleksi administrasi berhak mengikuti SKD. SKD akan menggunakan tes Computer Assisted Test (CAT) milik Badan Layanan Umum Negara (BKN).

Cara mengikuti simulasi online CAT BKN di CPNS 2024

Berikut petunjuk teknis praktik simulasi CAT secara online dalam laporan YouTube BKN.

1. Buka cat.bkn.go.id/simulasi

2. Klik tombol Pendaftaran gratis

3. Mengisi formulir pendaftaran meliputi nama lengkap, alamat email, password, konfirmasi password, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin. Kemudian klik Konfirmasi.

Anda harus mengingat dan mengingat password yang Anda gunakan sebelumnya, karena BKN tidak menyediakan fungsi lupa password.

4. Lalu klik Konfirmasi

5. Lalu klik OK

6. Kemudian klik tombol Mulai Ujian

7. Untuk menjawab pertanyaan, klik salah satu pilihan jawaban yang menurut Anda benar

8. Kemudian klik Simpan dan Lanjutkan. Ingatlah bahwa warna hijau melambangkan pertanyaan yang sudah terjawab dan warna merah melambangkan pertanyaan yang belum terjawab.

9. Jika Anda sudah menjawab semua pertanyaan, klik Ya untuk menyelesaikan tes

10. Selain itu, peserta simulasi dapat menekan tombol Akhiri Ujian jika ingin mengakhiri ujian.

11. Skor simulasi CAT akan muncul di layar

12. Anda dapat mengulangi simulasi dengan kembali ke halaman beranda simulasi dengan mengetikkan cat.bkn.go.id.simulasi

13. Login dengan alamat email dan kata sandi yang diberikan saat pendaftaran

14. Jika Anda lupa alamat email atau kata sandi yang telah didaftarkan sebelumnya, Anda dapat mendaftarkan akun baru dengan alamat email lain.

15. Selesai

Instagram BKN menjelaskan, fitur simulasi CAT BKN hanya untuk pengenalan sistem dan bukan untuk kisi-kisi soal. Selain itu, peserta simulasi CAT dibatasi kuota hariannya.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2024 Resmi Ditutup Kecuali 2 Kementerian Ini

Jadwal simulasi online

1. Wilayah Indonesia Timur (WIT) : Senin s/d Selasa

2. Wilayah Indonesia Tengah (WITA) : Rabu – Kamis

3. Wilayah Indonesia Barat (WIB) : Jumat-Sabtu.

5 Alasan Menggunakan Simulasi CAT di CPNS 2024

1. Mengenal sistem ujian

Simulasi CAT membantu peserta memahami format dan alur ujian sebenarnya. Tes CPNS berbasis CAT dilakukan secara digital, sehingga penting untuk mengenal tampilan layar, jawaban soal, dan sistem waktu.

2. Manajemen waktu

Tes CAT memiliki batasan waktu yang ketat. Dengan bantuan simulasi, peserta dapat melatih kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal, sehingga dapat lebih mengatur waktu saat ujian sebenarnya.

3. Mengurangi stres dan kecemasan

Dengan mengikuti simulasi, mental peserta akan lebih siap. Mereka bisa santai karena sudah terbiasa dengan lingkungan ujian dan tahu apa yang diharapkan.

4. Evaluasi diri

Simulasi tersebut menilai kemampuan peserta dalam menguji konten pemahaman bacaan, seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Diri (TKP). Hal ini memungkinkan peserta untuk mengidentifikasi kelemahan dan memperbaikinya sebelum ujian.

5. Meningkatkan peluang Anda untuk lulus

Semakin sering mereka mengikuti simulasi, peserta akan semakin berpengetahuan dan percaya diri, sehingga pada akhirnya meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan nilai lebih baik dan lulus ujian.

Cara Simulasi CAT BKN Online Tes CPNS 2024 Semoga bermanfaat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours