Nintendo dan The Pokemon Company Gugat Palword, Soal Apa?

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Tim kuasa hukum Nintendo dan The Pokemon Company sedang mencari pelanggaran hak cipta atas video game Palworld. Game yang dirilis pada bulan Januari tahun ini ini mendapat gelar “Pokémon dengan senjata”.

Apakah ini merupakan interpretasi yang akurat adalah sesuatu yang diperdebatkan oleh para pemain. Tampaknya penunjukan ini sekarang menjadi pertanyaan untuk dipertimbangkan oleh pengadilan Jepang, karena Nintendo dan Perusahaan Pokemon menggugat Pocketpair, pengembang Palworld yang berbasis di Tokyo.

Soranews24 memberitakan pada Sabtu (21/9/2024) bahwa Nintendo dan The Pokémon Company berpendapat Palworld melanggar hak kekayaan intelektual mereka. Gugatan tersebut meminta suntikan uang saku dan ganti rugi. Nintendo memposting pernyataan singkat tentang kasus ini di situs resminya di Jepang, dalam bahasa Jepang dan Inggris, yang berbunyi: “Mengajukan Kasus Pelanggaran Hak Cipta Terhadap Pocketpair, Inc.”

Direktur dan Ketua Mewakili Nintendo Co., Ltd. Shuntaro Furukawa dan The Pokemon Company, mengajukan gugatan pelanggaran paten di Pengadilan Distrik Tokyo terhadap Pocketpair, Inc. pada tanggal 18 September 2024.

Gugatan tersebut meminta ganti rugi dan ganti rugi atas dasar bahwa Palworld, sebuah game yang dikembangkan dan diterbitkan oleh tergugat, melanggar beberapa paten.

Nintendo akan terus mengambil langkah-langkah yang diperlukan terhadap pelanggaran hak kekayaan intelektualnya, termasuk merek Nintendo itu sendiri, untuk melindungi kekayaan intelektual yang telah dilakukan dengan susah payah selama bertahun-tahun.

Jika kasus ini sampai ke pengadilan tanpa tercapainya penyelesaian, pembelaan Pocketpair harus bergantung pada Palworld yang cukup berbeda dari Pokémon. Dari segi gameplay, Palworld dan game Pokemon utama tidak banyak tumpang tindih. Meskipun game Pokémon utama adalah RPG retro dengan pertarungan berbasis giliran, Palworld adalah game kotak pasir multipemain dunia dengan pertarungan gaya penembak orang pertama yang realistis dan elemen bertahan hidup/kerajinan.

Fakta bahwa deskripsi game Palworld terdengar seperti kombinasi kata-kata desain game dari 10 tahun yang lalu tidak sepenuhnya membantu menjadikan game tersebut sebagai judul fiksi, tetapi membedakannya dari mekanisme gamer Pokemon. Kemungkinan sudut serangan Nintendo/The Pokémon Company dalam proses ini adalah bagaimana Palworld mengadopsi desain visual dari franchise Pokémon, dengan beberapa “Pal” tampak seperti tiruan yang disengaja dari spesies Pokémon yang ada.

Waktu persidangan juga menunjukkan bahwa Nintendo/The Pokemon Company dapat memperluas klaim pelanggaran IP-nya di luar game Palworld itu sendiri. Sudah delapan bulan sejak Palworld dirilis untuk Xbox dan PC, namun pada musim panas ini, Pocketpair mengumumkan bahwa mereka membentuk entitas baru, Palworld Entertainment, Inc., bekerja sama dengan Sony Music Entertainment untuk mempromosikan bisnis lisensi Palworld, baik secara nasional maupun internasional. . secara internasional.

Meskipun gugatan tersebut hanya menyebutkan Pocketpair, bukan Palworld Entertainment, ada kemungkinan bahwa Nintendo/The Pokemon Company sedang mempertimbangkan kemampuan untuk melisensikan barang dagangan berdasarkan makhluk Palworld sebagai pelengkap terhadap pelanggaran IP di masa depan.

Perbedaan gameplay antara Palworld dan Pokemon tidak signifikan. Situs web resmi Palworld Entertainment memuat pengumuman bahwa perusahaan tersebut memperluas jangkauan kekayaan intelektualnya dan memperluas upaya bisnis komersial, termasuk perizinan global dan penjualan terkait Palworld, melalui permainan interaktif, namun juga mengatakan bahwa perusahaan tersebut sedang dalam proses dan telah belum mendapat pembaruan sejak diunggah.

Nintendo / The Pokémon Company mengizinkan game Palworld berjalan sendiri, tetapi sekarang Pocketpair telah mengarahkan perhatiannya pada Palworld untuk menjadi waralaba hiburan yang luas dengan fitur visual, mereka yakin inilah saatnya untuk mengambil tindakan hukum.

Terlepas dari motif sebenarnya, Pocketpair kini menghadapi tuntutan hukum dari dua perusahaan yang tim hukumnya memiliki rekam jejak yang kuat dalam sengketa pelanggaran kekayaan intelektual.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours