Komet A3 Akan Meluncur Pekan Depan, Dapat Dilihat dengan Mata Telanjang

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Ketersediaan satelit A3 yang akan terlihat dengan mata telanjang pada pekan depan akan memanjakan para astronot.

Menurut perhitungan, Komet A3 atau dikenal dengan Komet C/2023 A3 (Tsuchinshan–ATLAS) akan bersinar di langit malam pada akhir September dan awal Oktober.

Laporan Forbes menyebutkan Sabtu (21/9/2024), Komet A3 mungkin memiliki ekor debu dan es—mungkin dua ekor, satu putih dan satu biru. Demikian pula, kesejajarannya di tata surya bagian dalam berarti ekornya menerangi bumi sehingga membuatnya lebih terang.

Komet A3 merupakan komet berumur panjang yang berasal dari Awan Oort, wilayah di sekitar Tata Surya yang menjadi rumah bagi jutaan komet. Komet ini telah mengorbit selama sekitar 80.000 tahun, jadi inilah satu-satunya kesempatan Anda untuk melihatnya.

Komet A3 ditemukan pada Januari 2023 oleh para astronom di Observatorium Suchinshan Tiongkok dan teleskop Asteroid Terrestrial-Impact Last Alert System (ATLAS).

A3 Hemisphere akan efektif bila memiliki pandangan terbaik terhadap satelit. Bagi mereka yang berada di Belahan Bumi Selatan, pemandangan terbaik akan terjadi sebelum perihelion sekitar matahari terbit pada tanggal 27 September. Letaknya dekat dengan Matahari, jadi mungkin paling terang saat berada di konstelasi Leo dan Sextus.

Sementara itu, mereka yang berada di belahan bumi utara mempunyai peluang terbaik untuk melihat Komet A3 di langit setelah matahari terbenam pada 12 Oktober, saat komet tersebut akan terbit kembali dari Matahari dan melakukan pendekatan terdekat dengan Bumi.

Komet A3 akan berada di konstelasi Ophiuchus di langit barat dan perlahan memudar menjelang akhir bulan. Diperlukan langit cerah untuk melihat Komet A3 dengan baik. Kemudian pilih lokasi yang jauh dari polusi cahaya, yang dapat mengurangi efektivitas melihat komet tersebut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours