Sandiaga Uno Tekankan Pentingnya Aksesibilitas Bali Utara untuk Atasi Overtourism

Estimated read time 2 min read

BALI – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkomitmen mengembangkan pariwisata di Bali melalui upaya pemerataan wisatawan ke berbagai destinasi. Bukan hanya di Bali Selatan saja yang kini banyak dikunjungi wisatawan.

Fokus utama saat ini adalah fokus di Bali Utara. Khususnya Kabupaten Buleleng, dalam upaya menyebarkan wisatawan di wilayah 3B: Bali Utara, Banyuwangi, dan Bali Barat.

Inisiatif ini bertujuan untuk pemerataan pendapatan dari sektor pariwisata dan memerangi masalah over-tourism di Bali Selatan.

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menekankan pentingnya peran masyarakat dalam pengembangan pariwisata di Bali Utara melalui Konferensi Tingkat Tinggi (Netas) yang digelar di Buleleng.

“Dengan adanya inisiatif ini menjahit dan merajut dari Pentahelix perlu kerja sama, terutama tanggung jawab masyarakat,” kata Sandiaga saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (Netas) di Buleleng, Bali, Jumat, 30 Agustus 2024.

Ia juga mencatat, aksesibilitas menjadi salah satu kendala utama distribusi wisatawan. Khususnya, infrastruktur jalan yang kurang, mengakibatkan perjalanan yang jauh dan panjang.

Oleh karena itu, hubungan tersebut harus segera ditingkatkan, jelasnya.

Oleh karena itu, Sandiaga mengusulkan peningkatan konektivitas dengan membangun jalan tol antara Singaraja dan Denpasar. Sebagai solusi jangka pendek, cobalah paket pelayaran ke beberapa destinasi di Bali Utara dengan speed boat.

Menurut perkiraan, pemerintahan baru juga akan mempertimbangkan pengembangan bandara tersebut ke depan.

Kalau bandaranya, karena sudah beberapa kali dikaji, ke depan akan diputuskan oleh pemerintahan baru,” ujarnya.

Mudah-mudahan dalam 30 hari kita bisa uji coba. Lalu apakah ada solusi jangka pendek dengan speedboat? Jangka menengah jalan raya, dan jangka panjang bandara, ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours