Ilmuwan Temukan Permainan Kuno Berusia 4.000 Tahun

Estimated read time 1 min read

KAIRO – Penemuan artefak permainan kuno di Azerbaijan memberikan wawasan menarik tentang interaksi sosial masyarakat ribuan tahun lalu.

BACA JUGA – 13 Monumen Budaya Kerajaan Mataram Kuno

Enam pola yang diukir di batu, berasal dari tahun 2000 SM, mirip dengan pola Hounds dan Jackals, menantang gagasan bahwa permainan tersebut berasal dari Mesir.

Menurut arkeolog Walter Cristova dan Rahman Abdullayev, permainan ini mungkin berasal dari Asia Barat Daya, dan menunjukkan jaringan sosial yang luas.

“Kadang-kadang di zaman kuno, permainan tertentu populer secara regional, menunjukkan bahwa permainan tersebut membantu menghubungkan budaya yang berinteraksi secara teratur,” tulis Crist dan Abdullayev dalam makalah mereka, seperti dilansir Science Alert.

Studi-studi ini menegaskan peran permainan papan dalam membangun hubungan sosial, antara individu dan kelas sosial, dan mencerminkan bagaimana permainan dapat menyatukan kelompok budaya yang berbeda.

Sejarah permainan papan menunjukkan bahwa permainan ini telah ada sejak lama dan tampaknya telah menyebar sebagai sarana penting dalam interaksi sosial dan komunikasi.

Penelitian ini memperkaya pemahaman kita tentang bagaimana orang-orang dari berbagai era berinteraksi melalui game.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours