Akhir Masa Jabatan Presiden , Jokowi Naikkan Anggaran Pendidikan 2025 hingga Rp722,6 Triliun

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalokasikan anggaran pendidikan hingga Rp722,6 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

Baca juga: Isi Pidato Kenegaraan Terakhir Presiden Jokowi di Rapat Tahunan 2024 Lengkap

Anggaran pendidikan sebesar Rp722,6 triliun untuk perbaikan gizi anak sekolah, renovasi sekolah, dan perluasan sekolah bermutu, kata Jokowi saat acara pengajuan UU APBN dan pengumuman pendanaan tahun 2025 di Gedung Nusantara. di Senayan, Jakarta pada Jumat (16 Agustus 2024).

Jokowi menambahkan, anggaran pendidikan juga diperuntukkan untuk perluasan program beasiswa, pemajuan kebudayaan, penguatan universitas kelas dunia, dan pengembangan penelitian.

Baca Juga: Di Rapat Tahunan MPR, Jokowi Klaim Laju Perlambatan Sudah Menurun 10 Tahun Terakhir

Diketahui, Jokowi mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar Rp660,8 triliun pada APBN 2024 atau 20 persen APBN 2024.

Dalam acara tersebut, Jokowi juga menyampaikan bahwa pemerintah harus bekerja keras untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul, kompetitif, produktif dan inovatif melalui reformasi pendidikan, perubahan sistem pelayanan kesehatan, dan penguatan jaring pengaman sosial.

Oleh karena itu, Jokowi mengatakan bantuan pendidikan akan terus diberikan kepada masyarakat miskin dan rentan. Program Indonesia Pintar yang mendidik sekitar 20 juta siswa setiap tahunnya.

Baca juga: Partai Perindo yang Masih Kisruh Minta Pemerintah Evaluasi Anggaran Pendidikan

“Kuliah Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan program Bidik Misi akan melatih 1,5 juta mahasiswa. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memberikan beasiswa untuk melatih sekitar 45.000 mahasiswa,” tutupnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours