Bukan 4 atau 2 Stroke Lagi, Porsche Siapkan Mesin 6 Tak

Estimated read time 2 min read

CALIFORNIA – Beberapa tahun terakhir, dunia otomotif nampaknya sepi terhadap perkembangan mesin pembakaran internal baru akibat berkembangnya teknologi kendaraan listrik.

Seperti dilansir Autopro, bagi sebagian besar pecinta mobil pasti pernah mendengar istilah-istilah seperti mesin 2 tak (tak) bahkan mesin 4 tak yang digunakan hampir di setiap mobil saat ini.

Mesin 4 tak mengacu pada 4 proses mesin yang dilakukan dalam satu siklus mesin, yang terdiri dari 2 putaran poros engkol. Siklus mesin 4 langkah diawali dengan langkah masuk, langkah kompresi, langkah tenaga, dan terakhir langkah buang. Hampir semua mesin di dunia menggunakan metode yang sama yaitu 4 langkah penuh yang terjadi pada sudut 720 derajat.

Sebagai perusahaan teknik otomotif tua, Porsche telah membuat banyak pecinta mobil menggaruk-garuk kepala dengan ide baru berupa mesin enam langkah dalam satu siklus mesin.

Dalam permohonan paten melalui Kantor Paten & Merek Dagang AS, Porsche mengungkapkan sedang melakukan penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan mesin 6 tak baru, yang terdiri dari penambahan 2 langkah kompresi dan 1 langkah tenaga pada 4 langkah yang sudah ada (intake, kompresi). ). , Energi dan Sahabat).

Menurut Porsche, proses 6 tak ini sebenarnya merupakan mesin 3 tak yang digabungkan menjadi satu siklus. 3 tak ditambah 3 tak, hasilnya mesin 6 tak. Faktanya, kami mencoba merangkum apa yang ingin disampaikan dalam dokumen setebal 81 halaman tersebut

Menurut dokumen paten Porsche, proses 6 tak terdiri dari 2 siklus mesin 3 tak dimulai dengan kompresi-kompresi-tenaga diikuti dengan kompresi-tenaga-knalpot. 2 pukulan tambahan ini dilakukan dengan menggunakan poros engkol yang berputar pada elemen tambahan yang disebut Annulus.

Annulus ini membantu mesin untuk beroperasi dengan langkah mesin pada jarak yang berbeda-beda, artinya mesin Porsche ini memiliki 2 rasio kompresi, 2 titik maksimum (titik mati atas) dan 2 titik minimum (titik mati bawah) yang diinjak. berlalu.

Menurut dokumen paten ini, tujuan utama mesin 6 tak adalah menghasilkan tenaga lebih besar. Jika diperhatikan, ada 2 power stage pada mesin ini.

Porsche juga menyatakan bahwa mesin ini akan memperpanjang umur mesin pembakaran di masa depan, memastikannya tetap relevan di dunia mobil listrik.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours