Cek Formasi CPNS 2024 Penempatan di IKN, Simak Informasinya!

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Terlaksananya IKN CPNS 2024 memang diinginkan banyak orang. Khususnya bagi mereka yang ingin mengikuti penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun ini.

Baca Juga: Mudah Dilakukan, Begini Cara Cek Formulir CPNS dan PPPK 2024

Pembukaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CASN) bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai negeri sipil berdasarkan kontrak kerja (PPK) merupakan proses yang ditunggu-tunggu banyak orang. Setelah penghentian sementara, penerimaan diharapkan dibuka pada Agustus ini.

Baca Juga: Persiapan CPNS 2024, Berikut Contoh Soal Penalaran dan Kunci Jawaban

Sebelumnya pernyataan tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Selasa (30/7/2024). Ia mengatakan, pendaftaran CPNS 2024 akan segera dibuka dan tinggal menunggu tiga dinas yang belum menyerahkan formulirnya.

Pembukaan IKN CPNS Tahun 2024

Meski belum dibuka secara resmi, namun semakin banyak rilis terkait pelaksanaan CPNS 2024. Salah satu yang paling menyita perhatian adalah pelantikan ibu kota negara Indonesia (IKN).

Melihat ke belakang, rilis ini dikirimkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas. Saat itu, ia baru saja menghadiri rapat kecil bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (1/7/2024) yang membahas peralihan ASN ke IKN.

Baca Juga: Simak Kemeriahan Kasus Karnaval Heritage di Monas di Halim

Menurut Anas, pemerintah berencana membuka 130.341 kantor di berbagai instansi pemerintah. Rinciannya, ada sekitar 40.021 desain yang telah dibuka untuk dipasang di dinas dan organisasi di lingkungan IKN.

Anas juga mengungkapkan, dari 40.021 golongan CPNS yang ada di IKN, pemerintah telah memberikan jaminan sebesar 5 persen khususnya kepada putra dan putri Kalimantan. Selain itu, terdapat 600 desain yang khusus memenuhi kebutuhan Otoritas Ibu Kota Kepulauan (OIKN).

Baca juga: Para Menteri Menginap di Hotel Jelang Pertemuan Pertama Para Menteri di IKN

Adapun rincian jabatan dan kualifikasinya dapat menunggu hingga dibukanya penerimaan CASN 2024, pelamar dapat melihat profil CPNS dan PPPK melalui portal Karir ASN di sscasn.bkn.go.id. Berikut langkah-langkahnya:

– Buka website https://sscasn.bkn.go.id melalui browser.

-Setelah itu, di halaman beranda akan muncul form Karir ASN untuk melihat lowongan CPNS.

-Pilih jenjang studi, program studi atau jurusan daripada organisasi dan jenis pembelian (CPNS, PPPK guru, PPPK tenaga kesehatan, atau PPPK profesi)

– Lalu, klik “Cari”.

– Tunggu sebentar. Setelah itu, di website Karir ASN akan terdapat daftar mata kuliah yang tersedia sesuai kriteria di atas.

– Ini sudah berakhir.

Demikian informasi mengenai desain CPNS 2024 yang akan dipasang di IKN. Saya harap ini membantu.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours