Catat! 10 Jurusan S1 yang Lebih Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Inilah daftar 10 jurusan sarjana yang bisa langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Bermimpi mendapatkan pekerjaan tetap setelah lulus kuliah? Salah satu faktor yang memungkinkan mahasiswa langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah adalah tersedianya lapangan kerja.

Kebutuhan akan lowongan beradaptasi dengan perubahan seiring berjalannya waktu. Dalam konteks ini, ada beberapa profesi yang bisa lebih cepat Anda dapatkan, karena lowongan pada profesi ini sangat tinggi.

Mengutip data Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat, Bureau of Labor Statistics (BLS), artikel ini membahas daftar 10 jurusan sarjana yang bisa digunakan sesegera mungkin setelah lulus. sesuatu? Artikel ini membahasnya, check it out!

10 Program Sarjana yang Memberi Anda Pekerjaan Cepat Setelah Lulus

1. Sistem informasi

Sistem informasi dan profesi terkait lainnya diperlukan bagi banyak perusahaan. Data BLS menunjukkan pada tahun 2023 terdapat 125.100 lowongan.

2. Teknik Informatika

Profesi atau profesi terkait seperti ilmu komputer, rekayasa perangkat lunak, kecerdasan buatan diperkirakan akan diminati hingga tahun 2025. Bahkan profesi di bidang ini sulit tergantikan dengan kecerdasan buatan (AI).

3. Keperawatan

Semua profesi kesehatan juga memiliki akses pekerjaan yang lebih cepat. Masyarakat lebih memperhatikan kesehatannya, hal ini menjadi alasan meningkatnya permintaan terhadap profesi ini. Penyebabnya adalah bertambahnya jumlah klinik dan rumah sakit. Menurut BLS, terdapat 194.500 lowongan kerja di bidang ini pada tahun 2023.

4. Kedokteran

Salah satu departemen yang sulit tergantikan dengan kecerdasan buatan adalah departemen medis. Kebutuhan akan profesi ini juga tinggi.

5. Guru

Profesi sarjana yang bisa lebih cepat mendapatkan pekerjaan selanjutnya adalah guru. Berdasarkan data, terdapat 93.200 lowongan guru SD.

6. Pemasaran

Profesi ini banyak diminati di tahun 2023. Pasalnya, perusahaan membutuhkan lulusan pemasaran untuk menjual produknya. Profesi ini adalah manajer, SPV dll. Anda memiliki kesempatan untuk maju dalam karir Anda lebih cepat.

7. Akuntansi

Pertumbuhan perusahaan yang semakin pesat menuntut lulusan akuntansi untuk mengelola keuangan perusahaan. Berkat itu, lulusan angkatan ini juga memiliki banyak lowongan.

8. Psikologi

Data tersebut mencakup 86.200 lowongan pengembangan sumber daya manusia atau HRD. Dan salah satu mata pelajaran yang paling banyak dicari untuk memasuki profesi ini adalah psikologi.

9. Ilmu Hukum

Sama halnya dengan psikologi, sarjana jurusan hukum juga bisa menjadi profesional HRD.

10. Manajemen

Manajemen pemasaran, ilmu administrasi dan profesi terkait lainnya juga memiliki banyak lowongan. Seperti pada posisi profesional pertama dengan banyak lowongan, manajer umum dan operasional.

Terdapat 320.800 lowongan di bidang manajemen, manajemen pemasaran, ilmu administrasi, dll. Lebih cocok untuk profesi ini.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours