Profil Thom Haye, sang profesor lini tengah Timnas Indonesia

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Thom Jan Marinus Haye atau lebih dikenal dengan Thom Haye merupakan pemain timnas Indonesia-Belanda yang berposisi sebagai gelandang, khususnya gelandang bertahan.

Hay lahir di Amsterdam, Belanda pada 9 Februari 1995. Ia besar di negeri kincir angin.

Keturunan Indonesianya berasal dari kakek dan neneknya. Kakek Thom Haie diketahui berasal dari Sol, Jawa Tengah dan neneknya berasal dari Sulawesi.

Ketertarikannya pada sepak bola dimulai sejak usia dini, Haye mengikuti pendidikan dan pelatihan sepak bola di AFC Youth Football Academy dan kemudian pindah ke tim muda AZ Alkmaar pada musim 2006/2007.

Seiring dengan peningkatan permainannya, Haye akhirnya mulai tampil reguler di tim utama AZ Alkmaar pada tahun 2014. Ia melakukan debut untuk AZ Alkmaar saat menghadapi Ajax Amsterdam.

Sejak debutnya, Haye telah mencatatkan 73 penampilan, 5 gol, dan 2 assist sebagai gelandang bertahan.

Setelah bertahun-tahun membela AZ Alkmaar dari usia muda hingga tim utama, Haye akhirnya meninggalkan klub tersebut untuk bergabung dengan sesama pesaing Eredivisie Willem II pada musim 2016-2017.

Usai membela Willem II, Thom Haye mendapat tantangan baru bermain di luar Belanda, tepatnya di Liga Italia membela Lecce pada musim 2018, sayangnya ia hanya bertahan satu musim di klub tersebut.

Tom Haye berstatus bebas transfer setelah meninggalkan Lecce dan memutuskan kembali ke Belanda.

Pemain timnas Indonesia Thom Jan Haie (kanan) menendang bola ke arah gawang timnas Filipina pada laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa ( 11/06/2024) . ANTARA FOTO/M Risial Hidayat/Vol.

Sekembalinya ke Belanda, Haye bergabung dengan sesama klub liga Belanda ADO Den Haag pada September 2019, namun dipinjamkan ke NAC Brady di pertengahan musim.

Setelah ADO Deh Haag meminjamkannya secara rutin ke NAC Brady, Haye langsung bergabung dengan SC Heerenveen pada 31 Januari 2022. Bersama klub Eredivisie Belanda, statistik Tom sangat bagus. Dia mencetak 5 gol dan 10 assist untuk Heerenveen dalam 68 pertandingan.

Setelah dua tahun bersama Heerenveen, Haye kini kembali berstatus bebas transfer, sempat dikaitkan dengan klub Eropa lainnya seperti Dinamo Zagreb dan mantan klubnya, NAC Breda.

Thom Haie resmi menjadi WNI pada Senin dini hari, 18 Maret 2024, dan menjalani debutnya saat Timnas Indonesia menghadapi Vietnam pada laga kualifikasi Piala Dunia Asia pada 26 Maret 2024.

Sebelum mewakili timnas Indonesia, Thom Haie pernah mewakili timnas Belanda di tingkat usia. Ia bermain untuk Belanda U15, U16, U17, U19, U20 dan U21. Namun, Tom belum bisa menembus tim senior.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours