Cate Blanchett terima penghargaan Donostia di Festival Film Spanyol

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Aktris Australia Cate Blanchett sukses menerima Donostia Award di Festival Film San Sebastian 2024 Spanyol pada Sabtu malam (21/9).

Menurut situs The Hollywood Reporter pada hari yang sama, Blanchett, yang dikenal karena perannya dalam film seperti The Aviator, trilogi The Lord of the Rings dan yang terbaru Tár nominasi Oscar, mendapat pengakuan di Spanyol atas penampilannya dalam sebuah film. . .

Blanchett berbicara kepada penonton setelah menerima penghargaan dari direktur penafian Alfonso Cuarón.

“Sebagai warga Australia yang bekerja di luar negeri, saya mempunyai hak istimewa yang luar biasa untuk bisa bekerja di banyak bidang. Dan pekerjaan saya telah membawa saya ke Asia Tengah, ke Eropa, Amerika, ke Tiongkok, pekerjaan itu telah membawa saya ke seluruh dunia dan sekarang di sini di Basque Country. , pada festival yang luar biasa meriah ini… Saya merasa sangat terhormat menerima penghargaan ini. Terima kasih, San Sebastián.

Usai menerima penghargaan tersebut, Blanchett menangis saat menerima pesan menyentuh dari George Clooney. Dalam pesannya, Clooney memuji penampilan Blanchett sebagai seseorang yang sangat berbakat dan beruntung bisa mengarahkan dan berakting bersamanya.

“Maksudku, akting adalah sebuah profesi, dan akting adalah sebuah seni, dan kami mengakui seni itu… Aku cukup beruntung bisa mengarahkan dan berakting bersamamu, dan kamu selalu membuat semua orang di sekitarmu merasa beruntung karena kami mendapat kesempatan untuk bekerja. dengan seseorang yang sangat berbakat dan baik hati, dan aku bangga menyebutmu sebagai teman,” kata Clooney.

Hal ini mendorong Blanchett untuk merobek dan menghapus maskaranya setelah menerima tepuk tangan meriah di Teater Kursaal San Sebastian. Clooney mengaku berhalangan hadir karena berada di Venesia.

Dalam pidato penghargaannya, beliau menyampaikan bahwa meskipun banyak ketidakpastian di dunia ini, namun dalam dunia kreatif hal tersebut merupakan DNA untuk memulai sebuah proyek.

Blanchett telah menerima lebih dari 200 penghargaan dan penghargaan selama karirnya yang panjang, termasuk dua Academy Awards dari enam nominasi. Dia memenangkan empat BAFTA dan empat Golden Globes.

Ini adalah kunjungan pertamanya ke acara di San Sebastian, Spanyol, yang berlangsung pada 20-28 September, meskipun festival tersebut telah menayangkan sejumlah filmnya sebelumnya, termasuk Babel (2007) dan Veronica Guerin (2003). Mereka memperebutkan hadiah utama, Golden Shell.

Penghargaannya pada Sabtu malam menandai kedua kalinya aktor Australia menerima penghargaan tertinggi festival tersebut setelah Hugh Jackman pada tahun 2013. Tahun ini adalah warga negara Spanyol Javier Bardem dan Pedro Almodovar, yang filmnya The Room Next Door mendapat tepuk tangan meriah selama 17 tahun. menit di Venesia awal bulan ini, dan juga menerima Penghargaan Donostia di festival tersebut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours