Antisipasi Gempa Megathrust, Bupati Nias Utara Keluarkan Surat Edaran

Estimated read time 1 min read

Nias Utara – Gubernur Nias Utara Amizaru Waruo pada Senin (9/9/2024) mengeluarkan surat edaran kepada masyarakat tentang langkah kesiapsiagaan dalam mengantisipasi bencana gempa kuat.

Nias Utara, yang merupakan bagian dari zona seismik besar di Sumatera Utara, mempunyai risiko tinggi terhadap gempa bumi dan tsunami hebat. Dalam pesannya, Bupati Amezaro mengimbau seluruh warga tetap tenang namun waspada dan bersiap menghadapi kemungkinan terjadinya gempa. Ia mencontohkan, “masyarakat diharapkan lebih siap dan waspada terhadap gempa bumi dan tsunami yang mungkin melanda wilayah Nias bagian utara.”

Ia juga mengingatkan warga untuk tetap beraktivitas seperti biasa namun selalu mengikuti informasi resmi yang dikeluarkan BMKG dan pemerintah setempat. “Jika terjadi gempa segera berlindung di bawah meja, tutupi kepala dan keluar ke tempat terbuka untuk melindungi diri. Hindari lift, eskalator, pohon, tiang listrik, dan gedung bertingkat,” imbuhnya.

Selain itu, Wali Amanat Amezaro menghimbau masyarakat untuk menyiapkan tas bantuan bencana yang berisi obat-obatan, senter, dokumen penting, air minum, kotak P3K, telepon seluler, dan bahan makanan yang tidak mudah rusak.

Terdapat 16 kabupaten besar di Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah termasuk Kepulauan Nias. Kawasan ini merupakan bagian dari zona subduksi aktif yang mampu menimbulkan gempa kuat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours