Puluhan pemimpin muda ASEAN, Timor Leste, Australia bertemu di Jakarta

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Puluhan pemimpin muda negara-negara ASEAN, Timor Timur, dan Australia bertemu di Jakarta pada 9-14 September 2024 untuk mengikuti ASEAN Foundation Model ASEAN Meeting Plus Australia (AFMAM Plus Australia).

Kedutaan Besar Australia di Jakarta melalui siaran pers yang diperoleh ANTARA, Jumat (13/9) menyatakan pertemuan tersebut digelar dalam rangka perayaan 50 tahun Hubungan Dialog Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN)-Australia.

Pertemuan tersebut menindaklanjuti hasil KTT Khusus ASEAN-Australia di Melbourne pada bulan Maret 2024, yang menyoroti pentingnya partisipasi pemuda dalam membentuk masa depan hubungan ASEAN-Australia.

Model ASEAN mempertemukan 39 pemimpin masa depan terkemuka dari seluruh kawasan untuk simulasi KTT ASEAN, yang memungkinkan mereka mendapatkan pengalaman langsung dalam diplomasi, negosiasi, dan kerja sama regional.

“Saya sangat senang bahwa Australia, bersama dengan ASEAN dan ASEAN Foundation, dapat menyediakan platform bagi para pemimpin muda untuk mempelajari keterampilan baru dan mengembangkan hubungan jangka panjang dengan rekan-rekan di seluruh kawasan dan bergerak menuju masa depan yang menjanjikan,” kata Duta Besar Australia untuk ASEAN. Tiffany McDonalds.

Selain Dubes Tiffany, Direktur Eksekutif ASEAN Foundation Piti Srisangnam juga menyambut baik pertemuan tersebut.

“Saya juga senang melihat generasi pemimpin ASEAN berikutnya dan pemimpin Australia bersatu dalam program yang berdampak ini,” ujarnya.

Menurutnya, kolaborasi ini tidak hanya memperkuat hubungan diplomatik, tetapi juga memberikan keterampilan dan jaringan yang dibutuhkan generasi muda untuk membawa perubahan positif di kawasan.

Pengalaman ini, kata dia, sangat penting karena terjadi di Indonesia yang merupakan Country Coordinator ASEAN Australia periode 2024-2027.

Pertemuan tersebut, menurutnya, juga menggarisbawahi kuatnya hubungan bilateral kedua negara dan peran penting Indonesia dalam memfasilitasi kerja sama ASEAN dan Australia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours