Diserang Buzzer di Tiktok, Airin Dibela Netizen

Estimated read time 2 min read

SERANGAN – Kampanye hitam terhadap calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany mulai bermunculan di media sosial, khususnya platform TikTok. Cara-cara negatif untuk menghancurkan Airin banyak diterapkan baik pada individu maupun keluarganya.

Pengamat pemilu Banten Husnul Khotimah mengatakan penyerangan terhadap individu dan keluarga kerap dilakukan untuk mempengaruhi pilihan masyarakat. Selain itu, ada calon jurnalis seperti Erin Rach Midani.

Husnul mengaku pernah melihat penyerangan terhadap Airin, khususnya di TikTok. Serangan kampanye hitam telah terjadi selama bertahun-tahun. Namun serangan besar-besaran semakin banyak terjadi pada fase Pilkada Banten.

Pelaku ‘Tiktok’ diduga menggunakan layanan buzzer khusus untuk melakukan kampanye pemerasan. Hal ini terlihat dari keseragaman akun yang menggunakan nama anonim.

“Airin paling sering diserang. Mungkin karena dia calon terkuat. Namun, saya melihat partai yang berkampanye hitam-hitam justru memanfaatkan masalah. Malah banyak netizen yang membela Airin,” ujarnya dalam keterangannya, Selasa (8/11). 17 September).

Husnul mengatakan, hampir seluruh konten penyerangan Airin merupakan reproduksi isu lama dan ketinggalan jaman. Upaya berlebihan telah dilakukan untuk mengatasi masalah ini, namun tampaknya tidak efektif. Secara alamiah, para penggemar Airin pun membalas atau membalas serangan di kolom komentar.

“Isu yang diajukan untuk menyerang Airin sebenarnya bukan hal baru, hal ini sudah berlangsung lama. Ini sudah tua. Bahkan banyak netizen yang menyebut cara seperti itu sudah ada sejak lama. “Jadi Airin diserang di TikTok, dibela netizen,” ujarnya.

Ketua Koordinator Kopi Black Tang Tangerang Hasanudin BJ menilai kampanye negatif menjadi salah satu bentuk kepanikan partai atas terpilihnya Airin di Pilkada Banten. Menurutnya, kampanye tersebut tidak menghalangi relawan untuk mengalahkan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi di Pilkada Banten.

“Kami melihat pasangan Airin-Ade memiliki visi dan misi yang memenuhi kebutuhan dan aspirasi generasi muda di Banten. Airin berhasil mewujudkannya dengan menjadikan Tangsel sebagai zona pembangunan. Tuhan menginginkan masa depan. Banten akan maju bersama.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours