Renovasi 18 arena di Aceh bukti komitmen pemerintah untuk PON XXI 2024

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Surono mengatakan renovasi 18 gelanggang olahraga di Provinsi Aceh merupakan bukti komitmen pemerintah menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut. ). ) 2024 beruntung, mulai 8 hingga 20 September.

Dijelaskannya, ajang multidisiplin yang dilaksanakan empat tahun sekali ini merupakan babak baru dalam pengembangan prestasi olahraga nasional, karena berlangsung serentak di dua provinsi, sehingga diharapkan dapat berdampak jangka panjang. perkembangan Aceh. dan Sumatera Utara.

“Bukti nyata komitmen pemerintah adalah renovasi 18 arena di Aceh. Upaya ini bertujuan tidak hanya untuk menyukseskan PON XXI, tapi juga memastikan infrastruktur yang dibangun bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan olahraga lain di Tanah Air. masa depan,” kata Surono. Obrolan online Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dipantau ANTARA di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pemerintah pusat dan daerah telah berkoordinasi dan berkomitmen menganggarkan pembangunan dan pembaharuan prasarana olahraga yang diperlukan agar kedua provinsi memiliki fasilitas berstandar internasional.

Surono menambahkan, Kemenpora memberikan dukungan berupa peralatan olahraga dan kebutuhan teknis lainnya.

Ia menambahkan, anggaran yang dialokasikan juga cukup besar, dengan rincian Rp138 miliar untuk peralatan di Aceh dan Rp101 miliar di Sumut.

Selain itu, lanjut Surono, anggaran sebesar Rp74 miliar di Sumut dan Rp72 miliar di Aceh juga dialokasikan untuk perlengkapan kompetisi, termasuk juri dan wasit.

Sedangkan untuk pembukaan di Aceh dianggarkan sebesar Rp60 miliar. Sedangkan Rp 40 miliar lainnya dialokasikan untuk upacara penutupan di Sumut.

Oleh karena itu, Kemenpora berharap setiap sarana dan prasarana yang dibangun dan disediakan dapat terus dimanfaatkan untuk pengembangan olahraga dan penyelenggaraan kompetisi.

Sedangkan 18 arena yang telah direnovasi atau dibangun antara lain Stadion Harapan Bangsa, lapangan tenis, stadion basket, dan fasilitas lainnya.

Tema PON XXI Aceh-Sumut 2024 adalah “Dengan semangat persatuan, kita akan menjadi juara, kita sukses menyelenggarakan PON XXI Aceh-Sumut 2024”.

Jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak 67 cabang, terdiri dari 33 cabang di Aceh dan 34 cabang di Sumatera Utara.

Lebih dari lima ribu atlet dan lebih dari dua ribu ofisial akan mengikuti multievent olahraga nasional tersebut. Baca juga: Kemenpora Ingin Pembinaan Atlet Tetap Berjalan Usai PON XXI. Baca Juga: Ketua Panwasrah PON XXI Sebut Persiapan Tetap Maksimal

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours