Puluhan warga hadiri peringatan proklamasi di seberang Istana Merdeka

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Puluhan warga mengikuti upacara memperingati detik-detik proklamasi HUT ke-79 Republik Indonesia di depan Istana Merdeka Jakarta, tepat di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. , pada hari Sabtu.

“Saya datang ke sini untuk melihat sendiri momen peringatan proklamasi, tapi saya tidak diperbolehkan masuk,” kata Warni Stagearo, warga Palu, Sulawesi Tengah, kepada Jakarta, Sabtu.

Ia dan suaminya berada di Jakarta tiga hari lalu dan sengaja datang ke sini untuk menghadiri upacara peringatan proklamasi, meski digelar di Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN).

“Saya tidak mendapat undangan, tapi saya tetap semangat datang ke sini berbaju merah putih,” ujarnya.

Warga Kediri, Jawa Timur lainnya, Suwono mengaku sempat datang ke Jakarta untuk melihat langsung upacara tersebut, namun tak bisa masuk ke Istana.

“Saya senang hanya menonton dari sini,” katanya.

Lebih lanjut, warga Jakarta Selatan, Ani, mengaku setiap tahun datang ke sini saat upacara Detik Proklamasi.

“Tahun ini sepi, tahun lalu ramai,” ujarnya saat warga mengikuti perayaan Hari Proklamasi di depan Istana Merdeka, Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2024). Mario Sofia Nasution

Ia datang bersama tetangganya berpakaian merah putih untuk merayakan HUT RI ke-79 di Istana Merdeka.

“Kami sengaja datang ke sini dan mengira akan sesibuk tahun lalu, tapi ternyata tidak,” katanya.

Sebelumnya, para tamu telah tiba di Istana Merdeka Jakarta untuk menghadiri acara tersebut sekitar pukul 10.00 WIB.

Para tamu datang dengan mengenakan pakaian adat dari masing-masing daerah dan ada pula yang mengenakan batik.

Acara di Istana Merdeka sendiri akan dilanjutkan dengan acara peresmian Ibu Kota Nusantara (IKN) secara daring yang akan dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo bersama Presiden terpilih RI. Indonesia,Prabowo Subianto.

Sementara itu, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin akan menghadiri acara di Istana Merdeka Jakarta bersama Wakil Presiden terpilih Jebran Rakabuming Raka.

Pasukan upacara serentak memasuki lapangan upacara Istana Merdeka Jakarta dan Istana Negara IKN, membunyikan terompet pertama pada pukul 09:40 WIB, terompet kedua pada pukul 09:44 WIB menandai dimulainya Upacara Peringatan Detik Proklamasi, yang dipusatkan IKN

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours