Zelenskyy siap tanda tangani pakta pertahanan di KTT Eropa di Inggris

Estimated read time 2 min read

LONDON (ANTARA) – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy tiba di Inggris pada Kamis untuk menghadiri KTT Komunitas Politik Eropa ke-4, di mana para pemimpin dari seluruh kawasan Eropa akan bertemu untuk membahas masalah dan tantangan bersama yang mendesak.

Perjalanan Zelenskiy disertai dengan jadwal yang sibuk, termasuk serangkaian pertemuan bilateral tingkat tinggi dengan mitra-mitra utama dan penandatanganan perjanjian keamanan penting.

Sebagai bagian dari program terfokus untuk meningkatkan hubungan antara Ukraina dan Inggris, Zelenskiy akan bertemu dengan Raja Charles dan Perdana Menteri Inggris Keir Starmer.

Ia juga akan bertemu dengan pejabat senior pemerintah dan manajer senior dari perusahaan pertahanan.

Puncak kunjungan Zelenskiy adalah penandatanganan perjanjian antar pemerintah yang bertujuan mendukung kompleks pertahanan dan industri Ukraina.

Dalam sambutannya di Platform X, Zelensky menyoroti peran Inggris sejak perang Rusia melawan Ukraina pada Februari 2022.

Sambil mengapresiasi dukungan Inggris yang tak tergoyahkan, Zelensky mengatakan: “Sejak hari-hari pertama invasi penuh, Inggris telah selangkah lebih maju dalam tekadnya untuk mendukung Ukraina.”

KTT Komunitas Politik Eropa (EPC) memulai pertemuan keempatnya di Inggris pada hari Kamis, menghadirkan para pemimpin dari sekitar 45 negara Eropa ke Istana Blenheim.

Agenda pertemuan tersebut mencakup diskusi penting mengenai Ukraina, energi, perlindungan demokrasi dan imigrasi ilegal.

Istana Blenheim, kampung halaman mantan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, sekitar 100 km dari London, akan menjadi lokasi bersejarah pertemuan ini.

Perdana Menteri Inggris Starmer menyelenggarakan pertemuan puncak internasional pertamanya sejak menjabat pada 6 Juli, dan akan bertemu secara paralel dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Irlandia Simon Harris.

Raja Carlos juga akan berpartisipasi dalam pertemuan tersebut dengan mengadakan upacara penyambutan bagi para peserta.

Sumber: Anadolu

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours