Pemprov Kalteng pacu ekonomi daerah pesisir lewat Shrimp Estate Berkah

Estimated read time 2 min read

Palangka Raya (Antara) – Program Udang Berkah Negara Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong perekonomian dan potensi kelautan wilayah pesisir melalui pengembangan klaster budidaya udang Venim.

“Saat ini program penanaman udang di Kabupaten Sukamara merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat,” kata Wakil Gubernur Kalteng Eddy Pratoo saat dihubungi Palangka Raya dari Kalteng.

Kelompoknya kemarin melaksanakan panen perdana udang Venom di Prawn Estate Barkah yang dipusatkan di Desa Sei Raja, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara. Cluster C total panen dengan perkiraan hasil 10 ton dan udang 25 ukuran.

Jhenga Negeri Berkah merupakan program yang dicanangkan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Subran untuk meningkatkan perekonomian melalui peningkatan kapasitas kelautan dan perikanan, khususnya di wilayah pesisir provinsi setempat.

Berkah Negeri Udang tidak hanya fokus di Sukamara saja, namun akan berlanjut ke daerah lain seperti Kabupaten Seruyan, Kotawarangan Timur, Kotawarangan Barat, Pulangpisau dan Kuala Kapuas, yang juga dinilai bisa dilakukan.

“Saya berharap dengan berjalannya program ini, Kalimantan Tengah bisa menjadi yang terdepan dalam hal ekspor udang,” tegasnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislotkan) Kalteng Darlensjah menambahkan, menjelang panen raya telah dilakukan panen sebagian sebanyak 17 kali dengan hasil menggembirakan yakni mencapai 118,9 ton udang vanium atau senilai Rp 8,677 miliar. Cluster atau 36 pool.

“Panen sebagian menghasilkan udang ukuran 77 hingga 85 mencapai 26 per kg, yang menunjukkan peningkatan kualitas dan ukuran udang budidaya yang signifikan,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Bupati Sukamara Randy Lesmana mengatakan melalui Barakah Negeri Udang telah membawa banyak manfaat bagi warga antara lain peningkatan infrastruktur dan kemudahan akses menuju lokasi.

Selain itu, perbaikan jaringan irigasi, penyediaan jaring untuk nelayan, revitalisasi tambak milik masyarakat, dukungan pengolahan ikan untuk ekspor dan ekspor hasil perikanan ke wilayah kita, ujarnya juga: Maluku itu udang putih. Favorit di Pasar Asia Baca juga: Udang Vanim Kalteng Hasilkan Puluhan Ton Udang Vanim Baca Juga: Pemprov Targetkan Udang Vanim Kalteng Jadi Makanan Pokok Nasional

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours